33.6 C
New York
Monday, June 24, 2024

Tinjau Rumah Kemasan, Wakil Bupati Inginkan Brand Khusus Simalungun

Simalungun, MISTAR.ID

Wakil Bupati Kabupaten Simalungun Zonny Waldi meninjau Rumah Kemasan milik Pemkab Simalungun, yang terletak di Nagori Raya Usang, Kecamatan Dolog Masagal, Senin (12/12/22) sekitar pukul 15.00 WIB.

Saat di Rumah Kemasan, Wakil Bupati disuguhkan berbagai produk kemasan, yang sudah dibentuk di Rumah Kemasan naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Simalungun.

Produk yang sudah dikemas di Rumah Kemasan tersebut antara lain kemasan Boraspati Coffee, Kerupuk Kulit Nila, Keripik Jahe, Kacang Bawang, Kacang Gurih Raihan, dan banyak produk-produk lainnya yang diproduksi oleh IKM Simalungun.

Baca juga: Audiensi Dengan Forum UMKM, Bupati Simalungun: UMKM Penyumbang Serapan Tenaga Kerja

Zonny Waldi dalam kesempatan itu mengapresiasi produk kemasan yang sudah dibuat di Rumah Kemasan, namun dirinya tetap memberikan masukan, agar kemasan yang diproduksi semakin menarik dan menonjolkan nama Simalungun.

Menurutnya, Kabupaten Simalungun harus memiliki brand (merek) tersendiri, karena Simalungun memiliki bahan baku yang memadai dan berkualitas. “Kita salah satu penghasil kopi terbesar di Sumut, jadi brand kita harus ada, jangan kopi dari kita yang terkenal itu daerah lain,” pinta Wabup.

Zonny Waldi juga meminta, agar oleh-oleh khas Simalungun itu ada, dan bisa terkenal sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk menyukseskan dan mempromosikan oleh-oleh dari Simalungun, Wabup menginginkan adanya gerai-gerai sebagai tempat promosi hasil produksi IKM dari Simalungun.

Gerai tempat promosi itu harus dibuat di tempat-tempat strategis, seperti di Serbelawan, yang notabene sebagai akses ramai pengunjung. “Gerai ini harus strategis, fasilitas parkir, toilet, tempat ibadah, hingga SPBU mini harus ada di sana. Jadi bisa menjadi tempat oleh-oleh dari Simalungun,” ucap Wabup.

Baca juga: Bupati Minta Tingkatkan Kreatifitas Untuk Kemasan Produk UMKM Simalungun

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Leo L Haloho menyanggupi akan hal permintaan Wabup tersebut, pihaknya telah memprogramkan beberapa hal dan sudah menjalankan berbagai program seperti desain kemasan hingga pelatihan dan juga termasuk gerai tempat promosi yang diinginkan wakil bupati.

Leo juga mengatakan, sudah banyak hasil kemasan yang dicetak dan didesain bersama pelaku IKM di Rumah Kemasan. Dan itu diharapkan berkelanjutan, untuk meningkatkan nilai jual dari produk IKM Simalungun. (roland/hm09)

Related Articles

Latest Articles