14.8 C
New York
Friday, April 12, 2024

Dinas Ketapang Simalungun Akan Salurkan Benih Ikan Dalam Waktu Dekat

Simalungun, MISTAR.ID

Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Peternakan (Ketapang) Kabupaten Simalungun akan kembali menyalurkan bantuan benih ikan dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Ketapang Robert Pangaribuan mengungkapkan, minimnya kegiatan tidak terlepas dari banyaknya anggaran yang terserap ke Pemilu dan Pilkada pada November mendatang.

“Tahun ini kita tidak ada program, dampingi PKK saja. Kalau untuk bantuan program dari kementerian seperti kemarin, pasti kami dampingi. Kan terserap anggaran kita di Pemilu ini dan Pilkada nanti,” ujar Robert Pangaribuan, Senin (26/2/24).

Baca juga: Permintaan Benih Ikan Nila di BBI Hatonduhan Meningkat Tajam

Ia mengatakan, belum lama ini, dinas yang dipimpinnya turut menyalurkan bantuan bibit dari Balai Benih Ikan (BBI) kepada masyarakat sebanyak 5000 ekor.

“Sampai 5000 juga, tapi tergantung produksi bibit itu juga. Pembagian kemarin itu di Tanah Jawa, bulan Juni nanti akan ada lagi pembagian benih dan bulan empat nanti juga sudah dimulai,” jelas Robert Pangaribuan lagi.

Khusus permintaan benih ikan air tawar di Simalungun, kata Robert, masih cukup tinggi. Hal ini turut dirasakan Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Simalungun, dengan banyaknya permintaan datang dari petani untuk mengembangkan usaha perikanan mereka.

Baca juga: Dorong Perekonomian Masyarakat, BBI Sumut Sediakan Benih Ikan Nila Gratis

“Saat ini permintaan benih ikan nila mencapai 5000 ekor per bulan atau meningkat jika dibanding permintaan sebelumnya yang berkisar 3000 ekor,” kata Kepala UPT BBI Hatonduhan, Marlina Siregar kepada Mistar beberapa hari lalu.

Diungkapkannya lagi, benih ikan umur dua bulan yang memiliki panjang antara empat sampai delapan sentimeter dijual seharga Rp300 per ekor. (Hamzah/hm22)

Related Articles

Latest Articles