5.8 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Tenaga Pendidik di Siantar Wajib Mengenakan Pakaian Tradisional Simalungun pada Upacara HUT RI ke 77

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pematang Siantar mengeluarkan mengeluarkan Surat Edaran (SE) berkaitan dengan pedoman Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022.

Dalam Surat Edaran Nomor: 800/2420 TU/VIII/2022, yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pematang Siantar Plt. Kusdianto tersebut, “wajib” mengenakan pakaian adat tradisional Simalungun pada Rabu, 17 Agustus 2022.

“Pembina upacara (Kepala Satuan Pendidikan), pendidik dan tenaga kependidikan wajib mengenakan pakaian adat tradisional Simalungun,” tegas Kusdianto, pada Selasa (16/8/22).

Baca juga:Semarak HUT RI, Besok di Hutan Kota Kisaran Ada Jalan Santai Berhadiah

Menurut dia, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat. Kebijakan ini juga bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya, juga mendorong promosi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi.

Kusdianto menyebut bahwa Surat Edaran tersebut diterbitkan sehubungan dengan Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 52610/A/TU.02.03/2022 tanggal 9 Agustus 2022.

“Dengan kita memakai pakaian adat kita sudah turut melestarikan budaya kita dan menghargai budaya kita, sekaligus melatih warga untuk mulai terbiasa dengan menggunakan pakaian adat yang dipakai”, jelas Kusdianto.

Dia juga mengimbau pada seluruh satuan pendidikan pada tanggal 17 Agustus 2022, upacara bendera dilaksanakan sederhana tanpa mengurangi kekhidmatan atas peringatan hari bersejarah bagi Negara Republik Indonesia di halaman Satuan Pendidikan masing-masing mulai pukul 07.00 Wib. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga:Sambut HUT RI, Pemkab Batu Bara Bagikan 5.000 Bendera Merah Putih

“Kami juga mengingatkan kepada seluruh warga sekolah yang melaksanakan kegiatan perlombaan dan serta kegiatan lainnya, yang dapat menimbulkan kerumunan untuk tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ucap Kusdianto.

Kusdianto berharap dalam memperingati peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang bertemakan “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” tahun 2022 di wilayah masing-masing, dengan tetap menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan. (yetty/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles