25.7 C
New York
Friday, July 19, 2024

Tawarkan Peluang Investasi Layanan Kesehatan, Siantar Juara I NSI 2024

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Kota Pematangsiantar meraih juara pertama North Sumatera Invest (NSI) Investment Challenge (NICe) 2024.

Raihan itu didapat setelah Wali Kota, Susanti Dewayani menawarkan peluang investasi pengembangan layanan di bidang kesehatan.

Adalah penyodoran peluang investasi pengembangan layanan unggulan penyembuhan pasien jantung dan stroke pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar. Kegiatan NICe itu sendiri kolaborasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Bank Indonesia (BI).

Baca juga:Literasi Digital Bidang Kesehatan Dinilai Penting Bagi Masyarakat

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kota Pematangsiantar, Dedi Idris Harahap menyampaikan, Pemprov dan BI mendukung pertumbuhan ekonomi sebagai upaya mendorong kinerja investasi di Sumut. Pengajuan berkas telah disampaikan Pemko Pematangsiantar dalam perencanaannya.

“Secara umum kelengkapan proposal dan tahapan telah kita laksanakan,” sebutnya saat dikonfirmasi, pada Kamis (4/7/24).

Dedi bilang, di dalam proposal yang disajikan berisi rancangan proyek menggaet para investor ke depannya. Salah satu kegiatan NSI adalah NICe 2024, untuk dapat menjaring proyek investasi strategis di Sumut yang siap dipromosikan secara luas.

“Kita berencana menarik investor untuk pengembangan layanan jantung dan stroke pada RSUD Djasamen Saragih. Adapun latar belakang kita mengusulkan proyek, karena saat ini RSUD Djasamen Saragih merupakan satu-satunya Rumah Sakit (RS) di luar Kota Medan yang mampu melakukan katerisasi jantung,” katanya.

Baca juga:Tingkatkan Kesehatan Jantung, Institut Jantung Negara Jalin MoU dengan IHC

Dijelaskannya, NICe merupakan penjajakan proyek investasi strategis kabupaten/kota di Sumut pada periode Februari-Juni 2024. Kegiatan, kata dia, diikuti oleh kabupaten/kota se-Sumut dengan mengajukan usulan proyek dari daerahnya masing-masing.

Yakni mulai dari pengajuan dokumen studi pendahuluan, tahap 15 besar, tahap 5 besar, hingga menuju penentuan juara yang diadakan di Hotel Santika Dyandra Medan, pada Selasa (2/7/24).

Kegiatan, sambung Dedi, merupakan penilaian akhir dari keseluruhan rangkaian kegiatan NICe 2024, yang dibuka Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumut, Faisal Aris Nasution dan Deputi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sumut, Yura A Djalins.

Sebagai informasi, hasil penilaian akhir Kota Pematangsiantar meraih juara I. Disusul oleh Kabupaten Karo dengan peluang investasi pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Lalu Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan peluang investasi pembangunan objek wisata Seribu Goa.

Baca juga:Tingkatkan Kualitas Kesehatan Anak di Sumut, Dinkes Prioritaskan Penanganan Stunting

Related Articles

Latest Articles