6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Penyaluran BLT BBM di Siantar Diundur 12 Desember 2022

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar menunda penyaluran BLT Pekerja bergaji di bawah Rp5 juta Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tahap kedua.

Namun, Pemko Pematang Siantar tetap memastikan pencairan dilakukan pada Desember ini.

Penundaan pencairan BLT tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Pematang Siantar Pariaman Silaen, saat dikonfirmasi, Kamis (8/12/22).

“Awalnya, penyaluran BLT BMM di Kota Pematang Siantar akan dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 9 Desember 2022. Kemudian diundur, yang rencananya jadi tanggal 12 hingga 14 Desember ini,” katanya.

Baca Juga:Dinas Sosial Siantar Coret 1.000 KPM Penerima BLT BBM Tahap I

Pariaman menjelaskan, salah satu alasan pengunduran jadwal adalah untuk memastikan kembali pendataan. Pasalnya ditemukan kembali banyak data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang double. Atau dengan kata lain, sambung dia, KPM tersebut memiliki lebih dari satu dana BLT yang diterimanya.

BLT Subsidi BBM ini, khusus diperuntukkan bagi warga kurang mampu yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum atau di luar penerima BPNT/PKH, dan juga bagi warga pencipta lapangan kerja, ojek online, transportasi angkutan.

Jumlah penerima BLT BBM pada tahap pertama yang ditetapkan Pemko Pematang Siantar sebanyak 19.178 KPM yang tersebar di delapan kecamatan.

Baca Juga:Pemko Siantar Salurkan BLT BBM Tahap I Kepada 5.810 KPM

Dari jumlah tersebut, ternyata KPM yang selama ini telah tercatat sebagai penerima PKH dan/atau BPNT.

“Maka dari itu kami pun melakukan verval data kembali. Jumlah KPM di Kota Pematang Siantar yang akan menerima BLT BBM tahap kedua ini menjadi 19.016 KPM. Rencananya akan disalurkan mulai 12 Desember 2022,” jelas Pariaman.

Lebih lanjut, kata Pariaman, jumlah dana BLT BBM sama seperti yang diberikan pada tahap pertama sebelumnya. Di mana masing-masing keluarga penerima manfaat menerima sebesar Rp150.000.

Baca Juga:329 Warga Miskin di Kecamatan Gunung Meriah Terima BLT BBM

Menurut Pariaman, jadwal yang ditetapkan ini tidak dapat dipastikan. Ia pun berharap rencana penyaluran BLT BMM di Kota Pematang Siantar tahap kedua kali ini tidak molor kembali.

“Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi. Semua data sudah fix atau lengkap. Penyaluran BLT BMM tahap kedua ini berjalan dengan baik. Warga pun mematuhi jadwalnya yang ada di masing-masing kelurahan. Jangan sampai berdesakan, tetap menjaga protokol kesehatan, terutama menggunakan masker ketika hendak mengambil bansos tersebut,” terang Pariaman.(yetty/hm10)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles