2.5 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Penilaian Akhir Semester TP-2022/2023 di Cabdis Siantar Digelar Online dan Offline

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Sesuai dengan kalender pendidikan, pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran (TP)-2022/2023 di Dinas Pendidikan Povinsi Sumatera Utara Cabang dinas (Cabdis) Siantar, dilaksanakan secara serentak di satuan pendidikan masing-masing mulai tanggal 5 sampai dengan 9 Desember 2022.

Hal itu dikatakan KASI-PK SMA Cabdis Siantar Drs Hamonangan Aruan saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (6/12/22).

Aruan menjelaskan, bahwa PAS di Cabdis Siantar dilaksanakan secara online dan offline. Karena menurut Aruan, juknis pelaksanaan PAS dengan sistem Computer Based Test (CBT) atau online di Cabdis Siantar belum diterbitkan.

“Penilaian akhir semester sistem computer based test atau online di SMA/SMK wilayah Cabdis Siantar belum kita terbitkan juknisnya,” katanya.

Baca Juga:Cabdis Siantar Jalankan Kurikulum Merdeka di Tahun Ajaran 2022-2023

Kendati demikian, sambungnya, kalau ada satuan pendidikan melaksanakan PAS dengan sistem CBT, itu sah-sah saja.

“Jadi kita dari Cabdis Siantar tidak ada menganjurkan harus menggunakan CBT, tetapi kalau sekolah tersebut melakukan CBT atau online, malah lebih bagus, tergantung fasilitas yang ada dalam satuan pendidikan masing-masing untuk merumuskannya,” sebut dia.

Hamonangan menambahkan, di wilayah Cabdis Siantar sudah ada sekolah yang melaksanakan CBT seperti pada sekolah penggerak. Tetapi tidak munutup kemungkinan masih ada sekolah yang melakukan kurikulum 13 (K13).

Baca Juga:Ketua DWP Disdik Provsu Apresiasi Hasil Produk Kreatif Inovatif Siswa SMK Cabdis Siantar

“Jadi kita melihat status sekolahnya dulu, kalau sudah melaksanakan kurikulum merdeka maka harus wajib memakai CBT, karena tahun 2023 seluruh satuan pendidikan yang ada di Indonesia wajib melaksanakan PAS dengan sistem online atau CBT,” ungkapnya.

Masih kata Aruan, pascapandemi Covid-19, anak didik sudah terbiasa melakukan pembelajaran secara daring. Dengan demikian, secara pelan-pelan anak didik sudah bisa menyesuaikan pada masa pembelajaran daring untuk dapat  melakukan CBT.

“Jadi untuk tingkat SMA sederajat yang ada di Siantar Dan Simalungun fasilitas sarana dan prasarana untuk melakukan PAS kalau memang itu sudah diprogramkan Kemendikbud, kita sudah harus siap, karena di satuan pendidikan masing-masing sudah lengkap, buktinya kita sudah melakukan asesmen pada siswa baik negeri maupun swasta,” bebernya.(yetty/hm10)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles