5.9 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Pemko Siantar Diminta Dukung Kreasi Seniman dan Budayawan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sejumlah warga di Kota Pematangsiantar menyuarakan dukungan terhadap para budayawan dan pekerja seni tetap berkreasi di tengah pandemi serta tidak menyerah dengan berbagai tantangan. Pemerintah Kota Pematangsiantar diminta tetap memfasilitasi kegiatan seni dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Wahyuni Girsang (30) warga Kelurahan Gurilla Kecamatan Siantar Sitalasari mengatakan, pandemi bukanlah penghalang, sebab disaat seperti inilah seluruh pihak tetap berkreasi.

“Pandemi Covid-19 haruslah menjadikan kita kuat dan lebih kompak. Jadi, meskipun Pandemi Covid-19 kita berharap seniman tetap memberikan pertunjukan tentunya dengan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Wahyuni ditemui Mistar, Senin (2/11/20) siang.

Ia menilai, seniman dan kebudayaan dapat mengatasi kejenuhan warga sehingga lebih mudah beradaptasi. Kegiatan yang saling dukung dengan perubahan adaptasi normal baru dapat dilakukan dengan perencanaan yang baik.

Baca juga: 23 Orang Tenaga Honorer Lulus P3K Siantar Masih Menunggu Kejelasan Nasibnya

“Selama ini semua kegiatan dibatasi, kita sebagai warga mendukung semua program pemerintah namun harus tetap memperhatikan semua aspek termasuk seni dan budaya,” ujarnya.

DPRD Kota Pematangsiantar sebelumnya merekomendasikan Pemerintah Kota Pematangsiantar agar meningkatkan peran dan fungsi lapangan Dinas Pariwisata Siantar untuk mendorong ekonomi kreatif dan pariwisata. Lokasi ini kerap dijadikan pekerja seni sebagai kawasan pertunjukan hiburan seni secara umum.

Warga berharap, pemerintah lebih fleksibel dalam menyikapi Pandemi Covid-19. Irma (40) selaku warga Siantar, menilai, kegiatan seni dapat dilakukan dengan pembatasan pengunjung dengan acuan waktu yang cukup panjang.

“Bisa juga kegiatan nya seminggu di dalam lokasi gedung tapi masuknya bergantian. Ataupun dengan berdiri berjarak jarak, bagaimana pun warga butuh hiburan,” ujar Irma ditemui Mistar.

Baca juga: Kenalkan Aplikasi SIREKAP, KPU Siantar Gelar Obrol Santai Bersama PPK

Berdasarkan pantauan mistar, sejumlah warga banyak berkunjung ke tugu becak untuk menyaksikan keunikan becak Siantar. Sejak Pandemi Covid-19 pemerintah kota Siantar telah membatasi segala aktifitas yang melibatkan pertemuan massal. (billy/hm07)

Related Articles

Latest Articles