6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

KLB Polio, Pemko Siantar Ajak Ibu-ibu Bawa Anak ke Posyandu untuk Imunisasi

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Pasca temuan satu kasus polio di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) polio.

Seiring dengan itu, pihak Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui dinas kesehatan mengajak para ibu membawa anaknya ke Posyandu untuk mengikuti Imunisasi.

Seperti disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar Erika Silitonga melalui Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Johannes Sihombing yang dikonfirmasi MISTAR.ID, Jumat (9/12/22).

Baca Juga:Kenali Gejala dan Cara Pencegahan Polio

“Polio adalah penyakit yang bisa dicegah dengan pemberian vaksin polio tetes dan vaksin polio injeksi. Imunisasi polio adalah salah satu imunisasi rutin bagi anak yang diberikan pada usia bayi 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan,” paparnya.

Imunisasi polio, lanjut Johannes dilaksanakan secara rutin di puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Pematang Siantar.

Baca Juga:Jangan Anggap Sepele Polio Meski Mayoritas Tak Bergejala

“Jadwal imunisasi di puskesmas, setiap hari Senin. Di Posyandu, sekali sebulan sesuai dengan jadwal posyandu yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

“Dan di posyandu, tenaga kesehatan dibantu kader dan ibu-ibu dari tim PKK kelurahan atau kecamatan untuk mensosialisasikan dan mengajak para ibu-ibu membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi agar dapat dicegah penyakit yang berbahaya termasuk penyakit polio,” sambung Johannes mengakhiri.(ferry/hm10)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles