27.8 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Kadisnaker: Tak Menyalahi Loker RSUD Djasamen Saragih Harus Agama Tertentu

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Lowongan kerja (loker) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar menuai pro dan kontra.

Pasalnya dalam lowongan tersebut, pihak RSUD lebih mengutamakan pelamar yang beragama Islam.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Pematangsiantar, Robert Sitanggang mengatakan, bahwa hal itu bukan sesuatu yang menyalahi aturan.

Baca juga:Rekrutmen Pegawai di RSUD Djasamen Saragih Siantar Tuai Kontroversi

Menurutnya, syarat yang ditetapkan oleh pihak Rumah Sakit (RS), mungkin adalah tenaga kerja khusus yang memang dibutuhkan.

Dari poin-poin syarat rekrutmen yang disebar oleh RSUD, Robert mengatakan, hanya 1 jabatan harus beragama Islam dan itupun dibutuhkan cuma 1 orang saja.

“Tidak menyalahi, karena kan memang mereka lah yang tahu apa kebutuhannya,” ucap saat dijumpai di ruang kerjanya, pada Rabu (10/7/24).

Robert beranggapan, kemungkinan RSUD Djasamen Saragih memiliki pegawai lain yang beragama non muslim. Sehingga membutuhkan pegawai muslim untuk keseimbangan jumlah personel.

Baca juga:Juara Pertama NSI 2024, Direktur RSUD dr Djasamen Saragih: Ini Tim

“Itu tidak menyalahi, namanya untuk menyeimbangkan,” terangnya.

Perihal syarakat-syarat loker, baik di perusahaan swasta ataupun negeri, pihak Disnaker Kota Pematangsiantar selalu melakukan koordinasi dan himbauan. Namun untuk apa kriteria yang dibutuhkan adalah mutlak keputusan perusahaan itu sendiri.

“Kita hanya sebatas koordinasi, dan mungkin himbauan saja. Kalau soal syarat dan lainnya, kita tidak dapat intervensi mereka,” tutup Robert. (roland/hm16)

Related Articles

Latest Articles