1.1 C
New York
Monday, February 26, 2024

Belasan Puskesmas di Pematang Siantar Ikuti Reakreditasi 2023

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Sedikitnya 19 Puskesmas di Kota Pematang Siantar telah mengikuti reakreditasi tahun 2023. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pematang Siantar, drg Irma Suryani menyampaikan peningkatan mutu yang berkesinambungan dapat mewujudkan budaya mutu dan keselamatan pasien, percepatan pencapaian target SPM Kesehatan, dan mampu meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Dikatakannya, pendampingan Dinkes dilakukan dengan pendampingan langsung ke Puskesmas, baik dalam bentuk supervisi ke Puskesmas, maupun melalui workshop peningkatan mutu seperti workshop sosialisasi Standar Akreditasi Puskesmas, Workshop indikator mutu Puskesmas (IMPP), Workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Workshop  Manajemen Fasilitas dan Keamanan (MFK) dan Workshop  Manajemen Risiko.

Diharapkan dengan adanya penilaian reakreditasi Puskesmas, dapat memberikan gambaran tentang pelayanan puskesmas sehingga diperoleh evaluasi terhadap pelayanan kesehatan, sarana dan prasarana, sumber daya sehingga Dinkes dapat mendampingi Puskesmas dalam peningkatan mutu yang berkesinambungan.

Baca juga : 4 Puskesmas di Siantar Sedia Layanan USG, Peserta BPJS Periksa Kehamilan Gratis

Irma Suryani menyebut akreditasi puskesmas ini bertujuan meningkatkan dan menjamin mutu pelayanan dan keselamatan bagi pasien dan masyarakat, meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan.

“Serta meningkatkan tata kelola organisasi dan tata kelola pelayanan di Puskesmas,” katanya, Selasa (28/11/23).

Ia menambahkan ada beberapa tahapan reakreditasi yang dimulai dari tahap persiapan sampai tahap pelaksanaan survei. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas dalam persiapan reakreditasi, seperti Pengisian penilaian dokumen akreditasi (self assessment), penyusunan program peningkatan mutu.

Related Articles

Latest Articles