14.2 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Anak-anak Kembali Masuk Sekolah, Disdik Siantar: Peserta Didik Baru Harus MPLS Selama 3 Hari

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Liburan akan segera berakhir. Sejumlah siswa pada tiap-tiap jenjang akan mulai memasuki tahun ajaran baru yaitu pada besok, Senin 10 Juli 2023.

Adapun jumlah libur berbeda pada tiap provinsi. Libur sekolah setiap daerah mempunyai kebijakannya masing-masing, sehingga jadwal libur sekolah setiap daerah berbeda-beda.

Selain belajar di kelas bareng guru, momen lainnya yang pasti ditunggu-tunggu adalah bertemu dengan teman. Terlebih, pada peserta didik baru mulai melaksanakan hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2023-2024.

Baca juga : Dugaan Pungli di MAN Plus Siantar, Begini Penjelasan Kakanwil Kemenag Sumut  

Kepala Bidang Paud Dikdas Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Simon T Tarigan mengatakan para siswa baru itu akan disibukkan dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari berturut-turut, mulai tanggal 10 hingga 12 Juli 2023.

“Pelaksanaan MPLS ini dihadiri oleh seluruh peserta didik baru. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa baru pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib di dalamnya, serta lain-lain,” ucap Simon saat dikonfirmasi, Minggu (9/7/23).

Selama tiga hari, lanjut dia, siswa baru juga diberikan materi tentang penguatan pendidikan karakter, nasionalisme, peningkatan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tata tertib sekolah, dan budaya sekolah.

Baca juga : Upaya Orang Tua Menyiasati Anaknya Bersekolah di SMP Negeri Kota Pematang Siantar

Setelah melaksanakan MPLS tersebutlah, jelas Simon, para peserta didik baru tersebut akan dilanjutkan dengan masuk ke ruang kelas masing-masing untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM.

“Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dilaksanakan oleh pihak sekolah masing-masing. Kami meminta agar sekolah dapat memfasilitasi dengan baik, tidak ada kekerasan, tidak ada penekanan batin, dan anak dapat dibimbing sebaik-baiknya,” ujar Simon. (yetty/hm18)

Related Articles

Latest Articles