14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Tinggalkan Honda, Marquez Bersyukur Tidak Berstatus Seperti Rossi

Valencia, MISTAR.ID

Marc Marquez mengingat momen kontroversial dalam sejarah MotoGP Valentino Rossi saat dia sekali lagi berterima kasih kepada Honda atas izin untuk menguji motor Gresini Ducati di Valencia bulan depan.

Setelah memenangkan tiga gelar kelas premier berturut-turut untuk Honda, Rossi secara sensasional mengumumkan bahwa dia akan bergabung dengan Yamaha pada tahun 2004.

Namun, HRC tetap memegang kontraknya dengan melarang Rossi menguji motor Yamaha setelah akhir musim 2003, sehingga membuat pembalap asal Italia itu harus menunggu hingga bulan Januari.

Baca Juga: 26 Atlet Karate Pakpak Bharat Ikuti Kejuaraan Soksi Open I di Siantar

Langkah ini, yang dianggap tidak sportif oleh banyak orang, tidak berhasil dari segi PR dan juga tidak memiliki dampak yang signifikan pada performanya. Terbukti Rossi tetap memenangkan balapan pertamanya dengan Yamaha dan meraih gelar 2004.

Dengan sikap Honda setelah kehilangan juara beberapa kali sebelumnya, Marquez wajar merasa agak cemas terkait izin mengikuti uji coba penting setelah musim 2023 pada 28 November mendatang.

Pasalnya, Marquez tak hanya meninggalkan Honda, tetapi – berbeda dengan Rossi – ia melakukannya satu tahun sebelum kontrak berakhir dan akan mengendarai motor untuk pabrikan dominan di MotoGP (meskipun dalam tim satelit).

Bedanya, Rossi ketika itu membawa hampir seluruh krunya pada tahun 2004, sedangkan Marquez akan meninggalkan tim Repsol Honda yang sebagian besar tetap utuh.

Mungkin karena alasan itu, manajemen tim Honda saat ini memberikan izin kepada Marquez untuk menguji Gresini Ducati di Valencia, daripada menunggu uji coba pertama tahun 2024 di Sepang pada bulan Februari.

Baca Juga: Start Tim RNF Mirip Kura-kura, Fernandez Ingin Tahu Rahasia Aprilia

Untuk menegaskan bahwa izin tersebut tidak bisa dianggap sebagai hal yang pasti, kabar bahwa Toprak Razgatlioglu harus menunggu hingga bulan Desember untuk membuat debutnya di BMW WorldSBK. Dia tidak mendapatkan izin dari Yamaha untuk mengendarai motor dalam uji coba WorldSBK Jerez pekan ini.

Menanggapi debut Razgatlioglu yang tertunda  dan masalah umum pebalap yang pergi harus menunggu oleh pemberi kerja saat ini, Marquez mengatakan, bahwa itu tergantung pada hubungan antara kedua belah pihak.

“Sebagai contoh, itu adalah fakta bahwa kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Honda. Saya tahu bahwa di masa lalu, saya mendengar bahwa ketika Rossi meninggalkan Honda untuk Yamaha, mereka melarangnya menguji [motor],” katanya, dikutip dari Crash.

Marquez pun mengaku senang dengan situasi ini dan mengucapkan terima kasih lagi kepada Honda karena memberi izin untuk menguji motor baru.  (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles