12.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Suzuki Bakal Hengkang dari MotoGP di Akhir Musim 2022

Tokyo, MISTAR.ID

Suzuki dikabarkan bakal mundur dari perhelatan MotoGP di akhir musim 2022. Kabar mengejutkan ini berhembus usai tes di Jerez berakhir dan disebut-sebut karena pabrikan asal Negeri Sakura itu kini tengah terhimpit masalah ekonomi.

Tim pabrikan Suzuki tampak berkumpul di bawah pimpinan Project Manager Shinichi Sahara. Kemudian Shinichi mengungkap bahwa manajemen memutuskan bahwa Suzuki Motor Company mundur dari MotoGP pada akhir musim 2022. Manajer tim Suzuki Ecstar Livio Suppo pun ikut terkejut dibuatnya.

Sejauh ini, Suzuki belum mengungkap alasan di balik pengundurannya tersebut. Satu spekulasi yang bermunculan adalah Suzuki tengah mengalami masalah finansial usai dihantam pandemi Corona. Suzuki disebut harus menyimpan uang guna keperluan riset e-mobility.

Baca juga: Bravo! Francesco Bagnaia Juara MotoGP Spanyol 2022

Di sisi lain, Suzuki juga harus merogoh kocek cukup dalam untuk berlaga di kelas premier tanpa sponsor utama. Mengutip media, manajemen Suzuki memang hanya menandatangani versi final kontrak lima tahun pada November 2021.

Sedangkan untuk rencana enam bulan ke depan di Jepang seluruhnya dibatalkan meskipun Alex Rins dan Joan Mir tengah bertarung merebut kejuaraan dunia MotoGP musim 2022. Rins saat ini menghuni posisi empat klasemen sementara Mir berada di tempat keenam.

Apabila kabar ini benar ini sekaligus membuat Suzuki untuk kedua kalinya mundur dari MotoGP setelah juga tak berpartisipasi pada periode 2012-2014. Ketika itu Suzuki memutuskan mengumumkan undur diri dari MotoGP di penghujung musim 2011 karena terimbas krisis finansial global.

Dengan begitu maka hanya ada lima tim pabrikan yang akan balapan yaitu, Honda, Yamaha, Ducati, KTM, dan Aprilia.
Dikutip media, Suzuki menjadi salah satu tim dengan dana operasional paling minim yang ada di grid MotoGP.

Dibanding beberapa pabrikan lain yang punya sponsor utama besar, Suzuki memang tak memiliki itu. Sebagai catatan, Ecstar, yang menjadi sponsor utama, masih berada satu payung perusahaan dengan Suzuki sendiri.

Baca juga: Marquez Lolos dari Maut di MotoGP Spanyol 2022

Hal ini tentunya berbeda dengan Honda yang didukung Repsol, Yamaha yang mendapat suport dari Monster, KTM dengan Red Bull-nya, serta Ducati bersama Lenovo.

Selain itu rumor pengunduran diri Suzuki dari MotoGP sudah jelas akan memengaruhi masa depan dua pebalapnya: Alex Rins dan Joan Mir. Kedua pembalap itu mesti mencari tim anyar untuk musim 2023. Sedangkan Mir, juara dunia MotoGP 2020, belakangan santer dikaitkan dengan kepindahan ke Repsol Honda.

Mengutip media, Suzuki disebut-sebut akan mengeluarkan pernyataan resmi terkait rumor pengunduran dirinya dari MotoGP pada Selasa (3/5/22) pagi waktu setempat.(detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles