16.1 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Sosok Ester Nurumi Tri Wardoyo, Pebulutangkis Belia yang Berjaya di Bumi Sumatera

Ester begitu berhati-hati saat memulai service setelah itu, suasana GOR begitu menegangkan seketika cair penuh haru usai Ester berhasil menang 22-24 dan membuahkan dirinya lolos ke semifinal. Tangis haru dan bahagia tergambar di mata Ester.

Saat keluar dari GOR menuju lokasi mix zone tempat biasa jurnalis melakukan wawancara dengan atlet, Ester tak dapat membendung derai air matanya. Sang Kakak Pertama, yang juga hadir menyaksikan laga adiknya, langsung memberikan selularnya ke Ester, bukan tanpa sebab, sang ibu menyapa Ester dari kejauhan.

“Senang rasanya bisa melangkah ke semifinal turnamen Super 100 perdana saya. Perasaannya setelah laga ini campur aduk antara senang dan sedih,” ungkapnya saat itu sembari menyeka air mata bahagianya.

Momen itu bukan satu-satunya yang membekas bagi Ester dan penonton, pada saat laga final BNI Indonesia Masters 2023, Ester yang kala itu memberikan gelar keduanya setelah Xpora IIC 2023, juga tidak dalam kondisi yang prima. Namun kembali, dengan tekad dan mentalnya yang kuat, membuat segala kendala teratasi.

Baca juga: Fokus Lensa : Final Indonesia Masters 2023, Indonesia Meraih 3 Juara

Cahaya papua untuk Indonesia

Berperawakan ideal, beralis tebal dan memiliki kulit khas timurnya Indonesia, Ester memang dilahirkan di daerah timur bumi pertiwi. Ester lahir pada 24 Agustus 2004 di Jayapura, Papua. Dengan usia yang masih sangat muda dan segudang prestasi, Ester Nurumi jelas menjadi generasi baru olahraga bulu tangkis Indonesia di masa mendatang.

Meski masih berusia muda, Ester sudah sering bertanding dengan membawa nama Indonesia di kancah Internasional. Selain Piala Uber 2020, Ester juga menjadi bagian di kejuaraan bergengsi lainnya seperti Sea Games, kejuaraan BWF dan lainnya.

Peraih perunggu di Sea Games 2023 itu sudah mengoleksi beberapa gelar sejak masih junior, seperti Juara di Finnish Junior 2021 dan Alpes International U19. Sementara di level yang lebih tinggi, Ester pernah mencicipi gelar Indonesia International Challenge di 2022 dan 2023 dan yang terakhir juara di Indonesia Masters 2023 super 100.

Saat diwawancarai seusai meraih gelar juara di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang, Ester juga secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada klub Exist yang telah membesarkannya.

Baca juga: Lanny-Ribka Raih Juara Sektor Ganda Putri BNI Indonesia Masters 2023

“Terima kasih untuk PB Exist yang telah membina saya dari kecil hingga bisa masuk ke pelatnas dan akhirnya bisa dua kali juara di Medan. Juga terima kasih kepada pelatih, teman-teman, pengurus, dan PP PBSI,” ungkapnya.

Idola baru hingga dipuji legenda tunggal putra Indonesia

Prestasi yang ditorehkan Ester turut membuat legenda bulutangkis Taufik Hidayat buka suara. Peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 itu mengaku kagum dengan prestasi yang ditorehkan Ester.

Taufik yang baru pertama kali melihat Ester bermain mengaku terkesan mengingat permainan peraih medali perunggu SEA Games 2023 tersebut sangat menjanjikan. Selain menjadi kampiun BNI Indonesia Masters, pekan sebelumnya Ester juga berjaya di Xpora IIC 2023.

“Saya baru pertama kali melihat Ester Nurumi Tri Wardoyo bermain. Saya rasa dia pemain yang berbakat dan saya sangat senang melihat progres yang ditunjukkannya terutama di dua turnamen yang digelar di Medan.

Menurut saya dia itu bak diamond yang membutuhkan polesan dengan baik.

Baca juga: BNI Indonesia Masters 2023: Okuhara ke Perempatfinal, Watanabe Dijegal Malaysia

Semua pihak harus berkerja sama untuk membantu dia menjadi pemain yang jadi dan berprestasi,” tegas Taufik.

Juara Kejuaraan Junior Asia edisi 1997 itu berharap performa Ester Nurumi Tri Wardoyo kedepannya bisa lebih berkembang lagi. Untuk itu pria asal Bandung itu berharap semua pihak untuk sama-sama memberikan dukungan untuk kemajuan perkembangan atlet utamanya yang ada di Pelatnas Cipayung.

“Melihat prestasi yang ditorehkan Ester sekarang tinggal semua elemen saling memberikan dukungan untuk kemajuan atletnya. Kolaborasi ini dibutuhkan untuk terus memberikan prestasi buat bulutangkis Indonesia,” tambah juara enam kali turnamen Indonesia Open tersebut. (Iqbal/mistar)

Related Articles

Latest Articles