14.4 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Posisi Shin Tae-yong Aman Meski Gagal Bawa Timnas ke Semifinal AFF U-19

Bekasi, MISTAR.ID

Posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas U-19 Indonesia dipastikan aman meski skuadnya gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Laga terakhir yang dilakoni Tim Garuda kontra Myanmar tuntas dengan skor 5-1, namun hal ini tak berpengaruh karena Vietnam vs Thailand bermain seri sehingga Indonesia kalah head to head dengan kedua tim yang mengunci juara grup dan runner up dan lolos ke semifinal.

Kegagalan Garuda muda ke semifinal, menurut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tak mempengaruhi posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih tim nasional U-19 Indonesia karena secara umum dia menilai Shin membawa perubahan besar dalam skuad Timnas.

“Shin masih terus (melatih-red) karena kami melihat perkembangan anak-anak luar biasa,” ujar Iriawan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu  (10/7/22) malam.

Baca juga: Filipina Bungkam Brunei Darussalam 5 Gol Tanpa Balas di Piala AFF U-19

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, meski tak lolos ke semifinal, timnas U-19 menunjukkan performa bagus di Piala AFF U-19 2022. Dari lima laga, Indonesia tidak pernah kalah dan meraup tiga hasil seri. Skuad berjuluk “Garuda Nusantara” juga menjadi skuad tersubur turnamen dengan membuat total 17 gol dan hanya kebobolan lima gol.

Tim asuhan Shin juga dianggap cukup tangguh meski dilakukan rotasi untuk menjaga kondisi fisik pemain di tengah jadwal padat.

“Di luar dugaan, ketika pemain cadangan dimainkan, ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain inti. Berarti Shin betul-betul mempunyai talenta luar biasa. Anak-anak juga memiliki ‘chemistry’ (ikatan emosional-red) dengan dia,” tutur Iriawan.

Akan tetapi, torehan apik tak cukup untuk mengantarkan Indonesia ke semifinal karena kalah “head to head” dengan Vietnam dan Thailand. Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 yang membuat Vietnam keluar sebagai juara grup dan Thailand peringkat kedua Grup A. PSSI terganggu dengan skor seri tersebut karena menganggap Vietnam dan Thailand
bertanding tanpa niat mencetak gol setelah kondisi sama kuat.

Padahal, andai Vietnam dan Thailand saling mengalahkan, Indonesia akan mengunci satu tempat di semifinal karena, pada saat bersamaan, skuad “Garuda Nusantara” mengandaskan Myanmar 5-1.

Baca juga: Ini Momen Indonesia Gilas Filipina 9-0 di Piala AFF U-19

“Untuk kelolosan ke semifinal, memang ada regulasi yang mengatur. Namun apa yang dilakukan Vietnam dan Thailand seharusnya tidak boleh mengingat mereka tim besar,” kata Iriawan.

Tim nasional U-19 Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 5-1 pada laga pamungkas Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/22) malam. Indonesia tak dapat ke empat besar lantaran pertandingan terakhir lain Grup A yakni Vietnam versus Thailand berakhir imbang 1-1. Indonesia kalah “head to head” dari dua tim tersebut.

Dengan demikian, dua tim terbaik Grup A yang menyegel tempat di semifinal adalah Vietnam sebagai juara grup dan Thailand di peringkat kedua. Terakhir kali “Garuda Nusantara” gagal lolos dari fase grup Piala AFF U-19 terjadi pada tahun 2016.

Dari laga kontra Myanmar, gol-gol Indonesia dibuat oleh Muhammad Ferarri (dua gol), Arkhan Fikri, Rabbani Siddiq dan Ronaldo Kwateh. Myanmar memperkecil kedudukan via La Min Htwe. (ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles