16.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Persiapan PON 2024, Sport Center Sumut Dibangun Berstandar Internasional  

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) terus memaksimalkan persiapan jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024.

Dimana Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah perhelatan olahraga 4 tahunan di Indonesia ini.

Sport Center Sumut memiliki 36 venue cabang olahraga (cabor) di Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deli Serdang, yang dibangun sesuai standar internasional. Nantinya lokasi ini akan digunakan untuk pelaksanaan PON 2024, yang terbagi sebagai zona olahraga, penunjang dan komersial.

Baca juga: PTPN2: Pelepasan Lahan HGU untuk Sport Center Pemprov Sumut Sudah Sesuai Ketentuan

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Pemprov Sumut, Baharuddin Siagian mengatakan, di zona penunjang akan dibangun sarana amphitheater, masjid, sekolah keolahragaan dan wahana bermain. Sedangkan zona komersial akan dibangun hotel, Rumah Sakit (RS), convention hall, exhibition dan pusat perbelanjaan.

“Ini bakal menjadi ikon baru di Sumut, setelah kawasan wisata seperti Danau Toba, Bahorok dan Tanah Karo. Maka kita berharap didukung semua elemen masyarakat dan pemerintah,” kata Baharuddin saat dikonfirmasi mistar.id, pada Kamis (20/7/23).

Pihaknya juga tidak mengkhawatirkan usai PON 2024, kawasan itu akan mati suri. Selain merupakan jalan lintas menuju Bandara Internasional Kualanamu, kawasan itu juga sangat strategis. Kondisi ini juga memudahkan Sumut menjadi tuan rumah pelaksana even-event internasional nantinya.

Baca juga: Persambi Sumut Optimis Rebut 9 Medali Emas PON 2024

Dengan adanya Sport Center ini, juga akan menghidupkan UMKM-UMKM bagi masyarakat yang berada satu lokasi dengan kawasan itu (Sport Center).

“Ini menjadi kawasan strategis yang bisa kita jual untuk dunia luar, apalagi negara-negara ASEAN. Dan kita juga berencana membangun Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sebagai Badan Pengelola Pendapatan Asli Daerah di kawasan ini. Nanti hasilnya untuk mendukung pemeliharaan venue-venue olahraga,” jelasnya. (andreas/hm16)

Related Articles

Latest Articles