12.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Menuju PON 2024, Karate Sumut Kini Fokus Latihan Teknik

Medan, MISTAR.ID

Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Tim Karate yang dinaungi Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Sumatera Utara terus menggenjot porsi latihan para Atlet.

Pelatih Kumite Karate Sumut, Pulungan Sihombing mengatakan saat ini para atlet karate Sumut sedang difokuskan untuk latihan teknik.

“Persiapan yang kita lakukan ini latihan kekuatan, tapi kalau bicara fokus, kalau fisik sudah tidak terlalu banyak, kita fokus pada teknik, kalau fisik mengimbangi saja, tapi saat ini kita fokus ke teknik,” ujarnya kepada mistar.id, di sela sesi latihan, Kamis (25/1/24).

Sihombing juga mengatakan saat ini para atlet Karate Sumut menunjukkan progres yang baik. Namun menurutnya diperlukan pula kompetisi menjelang PON guna melihat progres para atlet.

Baca juga: Menuju PON 2024, Pj Gubernur Sumut Ingatkan PB dan OPD Tetap Disiplin Tuntaskan Tugas

“Kalau dari 2022 ke sekarang progresnya meningkat. Tapi ya, kita perlu juga untuk penilaian hasil yang baik ya kompetisi, kalau kompetisi mereka berkurang, kita tidak bisa melihat progres mereka,” tambahnya.

Sebagai persiapan, dirinya juga mengatakan Cabor Karate Sumut akan mengikuti uji coba melalui Kejuaraan Nasional (Kejurnas) FORKI bulan Maret mendatang.

“Kalau untuk try out ada, dan sekarang sudah ada jadwalnya Kejurnas FORKI di Banten bulan Maret nanti,” ungkap Sihombing.

Sementara itu, Karate Sumut juga sudah mengajukan 19 nama atlet yang dipersiapkan untuk ajang olahraga akbar nasional tersebut ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut.

Baca juga: Menuju PON 2024, Pj Gubernur Sumut Ingatkan PB dan OPD Tetap Disiplin Tuntaskan Tugas

Namun Sihombing menegaskan tidak menutup kemungkinan masih diberlakukannya promosi dan degradasi bagi para atlet.

“Atlet yang kita daftarkan ada 19 atlet ke KONI Sumut untuk 18 kelas, namun nama itu belum tetap, masih ada promosi degradasi,” ujarnya. (Iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles