15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Lebanon Taklukkan Filipina di Grup D Piala FIBA Asia 2022

Jakarta, MISTAR.ID

Lemparan tiga angka Lebanon yang akurat membuat Filipina kewalahan dan kesulitan membalikkan keadaan sehingga akhirnya takluk 80-95 dalam pertandingan Grup D Piala FIBA Asia 2022, kata pelatih Vincent “Chot” Reyes.

Chot menyebut kelebihan itu sebagai faktor besar yang membuat momentum apik Filipina dalam kuarter keempat tak cukup membalikkan keadaan sehingga harus mengakui keunggulan Lebanon 80-95 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu malam tadi.

“Saya pikir kami melakukan upaya yang bagus, tak menyerah bahkan ketika tertinggal nyaris 20 poin,” kata Chot dalam keterangan pers selepas pertandingan.

“Pada awal kuarter keempat kami memiliki momentum bagus bahkan bisa melanjutkannya untuk memangkas jarak hingga tersisa satu digit. Sayangnya marjin yang mereka ciptakan lewat tripoin akurat dalam kuarter ketiga terlalu berat untuk kami balikkan,” sambung dia.

Baca juga: Tim Basket Putra Indonesia Puncaki Grup A di Piala FIBA Asia 2022

Statistik pertandingan mencatat Lebanon melesakkan enam dari tujuh lemparan tiga angka sepanjang kuarter ketiga yang melonjak tinggi dibandingkan masing-masing satu dari empat dalam dua kuarter sebelumnya. Di sisi lain Chot juga menyoroti bagaimana para pemainnya 16 kali kehilangan bola yang bisa dikonversi oleh Lebanon menjadi 21 poin tambahan.

“Bila saja kami bisa meminimalisirnya, tentu pertandingan akan lebih ketat,” kata dia.

Kendati harus mengawali Piala FIBA Asia 2022 dengan kalah, Chot menyebut ajang tersebut menghadirkan pengalaman berharga bagi sejumlah pemain muda yang turut mengisi roster Filipina.

Sedikitnya delapan dari 12 pemain Filipina yang berada di Jakarta masih berkompetisi di level universitas. Bahkan Chot mengingatkan bahwa nama-nama seperti Carl Vincent Tamayo, Karl Kevin Quiambao, dan Shaun Geoffrey Chiu baru setahun bermain di level universitas.

“Carl Tamayo dan Kevin Quiambao baru main setahun di level universitas, sedangkan G Chiu belum jadi starter di universitasnya. Jadi Anda bisa bayangkan betapa berharganya pengalaman ini bagi mereka,” katanya.

Baca juga: Putri Indonesia Sisihkan Korsel Dalam Piala FIBA Asia 3×3

“Satu-satunya cara untuk belajar dan mengasah kemampuan adalah menghadapi lawan-lawan yang bertalenta. Bagi kami ini semua adalah pelajaran berharga untuk jajaran pemain muda yang ada di tim ini, di mana dalam usia semuda itu mereka bisa merasakan langsung pertandingan di level setinggi ini,” pungkas Chot.

Tak Mau Euforia

Sementara itu, Lebanon enggan tenggelam dilamun euforia kemenangan atas Filipina dan segera beranjak untuk mempersiapkan diri menghadapi Selandia Baru, kata kapten Wael Arakji.

“Kami memang baru meraih dua kemenangan penting dalam kualifikasi Piala Dunia FIBA, tentu saja itu menyenangkan, tapi kami berusaha melupakan hal itu dan segera fokus di turnamen FIBA Asia ini,” kata Arakji dalam keterangan pers selepas pertandingan.

“Sekarang kami juga akan melakukan hal serupa, melupakan kemenangan atas Filipina dan segera fokus untuk bersiap melawan Selandia Baru,” sambung dia.

Arakji meyakini pertandingan melawan Selandia Baru tidak akan berjalan mudah dan bakal menuntut kondisi fisik yang lebih prima sehingga dia menegaskan timnya harus lebih siap lagi. Pebasket berusia 27 tahun itu mengaku puas Lebanon dapat mengawali penampilan dalam Piala FIBA Asia 2022 dengan kemenangan di mana dia menyumbangkan 20 poin dan empat assist.

Baca juga: Korsel Taklukkan China di Pertandingan Pembuka Grup B

Arakji menyebut Lebanon memetik pelajaran tentang pentingnya mengelola keunggulan lebih baik karena mereka memasuki kuarter keempat dalam keunggulan 21 poin tapi kehilangan konsentrasi dan membiarkan Filipina memangkas jarak hingga hanya tersisa delapan poin.

“Kami seharusnya lebih baik dalam menjaga keunggulan, itu harus diperbaiki. Itu satu-satunya aspek buruk dari penampilan kami hari ini, tapi secara keseluruhan tentu menyenangkan bisa meraih kemenangan,” kata dia. Lebanon akan menghadapi Selandia Baru pada Jumat esok pukul 20.00 WIB. (ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles