15.6 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Jokowi Terbitkan Perpres Desain Besar Olahraga Nasional

Jakarta, MISTAR.ID
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Regulasi tersebut bertujuan untuk pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional dalam jangka panjang.

“DBON berfungsi untuk memberikan pedoman bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten kota, organisasi olahraga, induk organisasi cabang olahraga, dunia usaha dan industri, akademisi, media, dan masyarakat,” tulis Jokowi dalam Perpres Nomor 86, Senin, 20 September 2021.

Dalam DBON ini tertuang visi dan misi. Dalam visi itu  memuat gambaran umum mengenai penyelenggaraan DBON yang efektif, efisien, unggul, terukur, akuntabel, sistematis, dan berkelanjutan. Sedangkan misi DBON memuat upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi tersebut.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Olahraga dan Latihan Pernapasan Pasien Isoman Covid-19

Selanjutnya, terdapat peta jalan DBON. Peta tersebut tersusun dalam lima tahapan periode, yaitu 2021-2024, 2025-2029, 2030-2034, 2035-2039, dan terakhir 2040-2045.

Selanjutnya dalam aturan ini ditegaskan bahwa penyelenggaraan DBON dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota. Kemudian, secara sinergi dilakukan dengan organisasi olahraga, dunia usaha dan industri, masyarakat, perseorangan, akademisi, dan media.

Baca juga: Kondisi Stadion Olahraga di Siantar Parah, Prestasi Sepak Bola Mati Suri

“Penyelenggaraan DBON sebagaimana dimaksud meliputi perencanaan, supervisi, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan,” tulis Perpres DBON. (medcom/hm06)

Related Articles

Latest Articles