22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Jelang Pelatda PON 2024, KONI Sumut Tes Fisik Atlet

Medan, MISTAR.ID

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara melakukan uji tes fisik bagi para atlet dari setiap cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Tes fisik terakhir bagi atlet yang akan mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) tersebut digelar di Stadion Mini Unimed sejak 2-6 Desember 2023.

Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis mengatakan pihaknya bersama Pengurus Provinsi (Pengprov) masing-masing cabor akan melihat kesiapan para atlet.

Baca Juga: Kejurprov PBSI Sumut 2023 Usai, Berikut Rekap Para Juaranya

“Tes fisik ini kita lakukan untuk melihat hasil latihan mereka selama ini, apakah ada peningkatan atau tidak. Karena parameternya harus sama semuanya. Sekalian di bulan ini juga Pengprov dan KONI untuk menentukan Pelatda 100 persen tahun depan,” ujarnya, Minggu (3/12/23).

John Lubis mengatakan hasil tes fisik tersebut berpengaruh kepada kemungkinan atlet tersebut dibawa ke PON 2024.

“Kalau untuk degradasi dan promosi atlet itu adalah urusan Pengprov, karena mereka nanti melihat juga. Kalau kami hanya melakukan tes dan hasilnya sudah bagaimana,” tambahnya.

Baca Juga: Gagal di Syed Modi International 2023, Alwi Farhan Bertekad Fokus di 2 Turnamen Sisa

Ia menambahkan, awal tahun 2024 para atlet Sumut diproyeksikan sudah masuk Pelatda. John Lubis juga mengapresiasi para atlet yang sudah menunjukkan progres baik.

“Per 1 Januari 2024 nanti, atlet sudah 100 persen untuk Pelatda PON 2024. Sudah banyak perubahan, mereka sudah lebih serius lagi. Maka kita harapkan tes ini berjalan bagus dan hasilnya bagus. Sehingga nanti Pengprov memilih atlet tidak sulit,” pungkasnya. (Iqbal/hm22)

Related Articles

Latest Articles