18.2 C
New York
Monday, June 17, 2024

Ini Tanggal Gelaran Aquabike Indonesia Championship dan Festival Solu Bolon 2024

Samosir, MISTAR.ID

Event Aquabike Indonesia Championship dan Festival Solu Bolon Horas Samosir Fiesta (HSF) tahun 2024 akan digelar di Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir pada bulan Juni 2024.

Festival Solu Bolon akan digelar pada 7-8 Juni 2024. Dan Aquabike Indonesia Championship tanggal 28-30 Juni 2024.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan Aquabike Indonesia Championship Series 2 tahun 2024, pada Selasa (28/5/24) di Aula Kantor Bupati Samosir dipimpin Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda), Hotraja Sitanggang.

Baca juga:200 Ribu Pengunjung Aquabike Jetski World Championship 2023 dan Pesta Rakyat Danau Toba

Hotraja mengatakan, untuk mensukseskan pelaksanaan kedua event itu, dibutuhkan sinergitas dan dukungan kerja sama dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Termasuk meminta seluruh stakeholder dapat berkolaborasi supaya event berjalan lancar dan memberikan multiplier effect bagi kemajuan pariwisata dan ekonomi lokal.

“Apa yang kita bicarakan dan sepakati dalam rapat haruslah benar-benar dilakukan untuk menyukseskan event ini,” ujarnya.

Ia menyampaikan, Pemkab Samosir akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung kesuksesan Aquabike Indonesia Championship Series 2.

Baca juga:Rider Prancis Dominasi Aquabike World Championship 2023 Hari Terakhir

Terkait dengan pelaksanaan Festival Solu Bolon, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetti Naibaho menjelaskan, ini merupakan agenda ketiga dari rangkaian HSF 2024.

“Sebanyak 21 tim dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan berkompetisi dalam memperebutkan piala dan total hadiah sebesar Rp 200 juta,” ungkapnya.

Dalam rapat tersebut, Deputi Project Director PT InJourney, Ricky Wirjan menyebutkan, setelah diresmikannya aquabike dan powerboat yang masuk dalam komisi air, Ikatan Motor Indonesia (IMI) siap mencetak atlet-atlet melalui ajang resmi nasional maupun internasional secara reguler.

Baca juga:Ribuan Penonton Hadiri Puncak Pertandingan Aquabike di Balige

Ricky mengatakan, untuk persiapan menghadapi Aquabike Jetski World Championship yang akan berlangsung November 2024, IMI bakal menggelar Aquabike Indonesia Championship sebanyak 5 series.

“Melalui kejuaraan nasional (kejurnas) ini, akan dicari 10 orang pembalap terbaik untuk mewakili Indonesia dalam Aquabike World Championship. Kejurnas ini menjadi kesempatan buat atlet Indonesia untuk berlaga di level internasional,” katanya.

Ia mengungkapkan, Aquabike Indonesian Championship Series 2 akan diikuti kurang lebih 30 pembalap nasional, dengan kelas yang dipertandingkan endurance race, parallel slalom dan hydro flight. (josner/hm16)

Related Articles

Latest Articles