26.4 C
New York
Sunday, June 30, 2024

Shalat Idul Adha Pemkab Batu Bara, 800 Warga Hadir

Batu Bara, MISTAR.ID

Sebanyak 800 jemaah bersama Forkopimda Kabupaten Batu Bara melaksanakan shalat Idul Adha Pemkab Batu Bara 10 Dzulhijah 1445 H Tahun 2024 M di lapangan Indrasakti Kecamatan Air Putih, Senin (17/6/24).

Di hadapan Pj Bupati Batu Bara Nizhamul, Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Tyayeb serta pimpinan OPD Pemkab Batu Bara, Camat, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan warga, Ustadz Fadly menjelaskan Idul Adha disebut juga hari Raya Qurban sebagai bentuk ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT, dan wujud taqwa kepada Allah berupa penyembelihan hewan Qurban.

“Laksanakanlah sholat kepada Tuhanmu dan bertaqwalah dengan menyembelih hewan qurban, suatu bentuk taqwa kita kepada Allah SWT yang memiliki nilai-nilai ketaqwaan yang harus kita jalankan,” ucapnya di hadapan sekitar 800 jemaat saat shalat Idul Adha yang digelar Pemkab Batu Bara di lapangan Indrasakti Kecamatan Air Putih, Senin (17/6/24).

Baca juga: Usai Shalat Iduladha, Bupati Deli Serdang Distribusikan 9 Ekor Hewan Kurban

Ustadz Fadly juga menjelaskan pada dasarnya penyembelihan hewan qurban mengandung hikmah. Di antaranya nilai-nilai qurban yang harus dilestarikan adalah nilai ketauhidan dan keimanan.

Dipaparkan Ustadz Fadly, Nabi Ibrahim sebagai contoh yang harus diteladani, dengan bukti sebagai seorang ayah yang mencintai seorang anak.

“Bagaimana bisa Allah memerintahkan untuk menyembelih anaknya Ismail, yang beliau jalankan hanya sebagai bentuk taqwa beliau kepada Allah dan tunduk atas perintah Allah sebagai umatnya,” bebernya.

Kemudian dikatakan Ustadz Fadly, Nabi Ibrahim yang sudah lama menantikan buah hati yang sudah bertahun tahun menantinya. Dengan lahirnya Ismail dengan berbagi proses.

Baca juga: Wali Kota Siantar Ikuti Shalat Iduladha, Khatib: Semua Stakeholder Harus Sinergis

Pada saat itu Nabi Ismail sudah beranjak dewasa lalu Nabi Ibrahim melakukan diskusi kepada anaknya. Lalu turunlah perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya.

“Ismail mengatakan kepada Ayahnya kalau memang itu perintah Allah maka laksanakanlah wahai Ayah. Demikian juga dalam sebuah Pemerintahan haruslah melakukan dialog terlebih dahulu dalam mengambil suatu keputusan,” pungkasnya.

Pelaksanaan sholat Idul Adha mendapat pengamanan penuh personil Polsek Indrapura dibantu personil Satlantas dipimpin langsung Kapolsek AKP Jonni H Damanik. (ebson/hm17)

Related Articles

Latest Articles