26.3 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

ESI Sumut Targetkan Dua Medali Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Medan, MISTAR.ID

Cabang Olahraga (Cabor) E-sport yang dinaungi Federasi E-Sport Seluruh Indonesia (ESI) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan dua medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang.

ESI Sumut saat ini memiliki 25 atlet dan didampingi lima pelatih dari lima kategori yang dipertandingkan di PON 2024 nanti. Adapun kelima kategori tersebut yaitu Lokapala, Mobile Legend Bang Bang (MLBB), PUBGM, Free Fire, dan E-Football.

Cabang olahraga berbasis elektronik tersebut memiliki target dua medali emas di even olahraga empat tahunan tersebut. ESI Sumut kedua medali emas tersebut ditargetkan berasal dari kategori Lokapala dan MLBB.

Baca Juga: Bupati Toba Sampaikan Sejumlah Kendala Sambut Aquabike Jetski World Championship 2023

Ketua Harian ESI Sumut, Max Wilander Simanihuruk menyampaikan target dua emas itu bukan tanpa alasan. Target ESI Sumut tersebut, menurut Simanihuruk, berdasarkan analisis melihat perkembangan lawan dan prestasi ESI Sumut sendiri.

“Setelah kita kaji dan kita sampaikan ke Dispora itu dua emas. Karena unggulan yang kita harapkan itu dari Mobile Legends dan Lokapala. Kalau ke game lain itu seperti Free Fire dan PUBG Mobile itu kan game survival, kita tidak prediksi, sedangkan kalau di E-Football itu banyak yang ikut mantan juara dunia. Kalau di Mobile Legends kita juara berturut-turut di Pornas, dan Lokapala karena game baru akan kita usahakan tidak banyak saingan,” ujarnya, Minggu (12/11/23).

Sementara itu, menanggapi daerah pesaing terberat di PON 2024 mendatang, Simanihuruk mengaku Provinsi Jawa Barat akan menjadi daerah yang diperhitungkan di even olahraga itu.

“Jawa Barat menjadi saingan terberat kita, karena E-Football pernah juara dunia, Mobile Legends dan PUBG Mobile lagi naik daun dan bisa dibilang hampir semua nomor mereka kuat. Kecuali di Free Fire,” tuturnya.

Simanihuruk juga mengatakan hingga kini persiapan ESI Sumut sudah semakin baik untuk menatap PON 2024 mendatang. ESI Sumut sendiri disampaikannya hanya tinggal membenahi sejumlah kekurangan yang terjadi di lima kategori game yang akan di pertandingkan di PON 2024 nantinya.

Baca Juga: Dua Event Balap Kelas Dunia Manjakan Masyarakat Danau Toba Sumut

“Kita masih kurang saat ini, seperti peralatannya dan belum semua nomor yang belum Try out,” ungkapnya.

Meski begitu, ia selalu menegaskan kepada para atlet agar senantiasa konsisten, agar target medali emas sekedar bukan omongan belaka.

Ia juga berharap, jelang even olahraga akbar tanah air tersebut, kebutuhan atlet ESI Sumut dapat segera dipenuhi Pemerintah Sumatera Utara untuk menunjang perkembangan para atlet untuk menatap PON 2024 nanti.

“Semoga semua nomor yang belum tryout diberikan tryout, supaya kita tahu hasilnya seperti apa,” pungkasnya. (Iqbal/hm22)

Related Articles

Latest Articles