8.9 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Base Jumper Inggris Tewas Usai Terjun dari Apartemen Lantai 29 di Thailand

Pattaya, MISTAR.ID

Nathy Odinson (33), seorang BASE Jumper asal Inggris tewas setelah parasutnya gagal terbuka saat melompat dari sebuah gedung apartemen 29 lantai di resor pantai Pattaya, Thailand, Sabtu (27/1/24) malam.

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan pria bertato itu mengatakan, ‘Tiga, dua, satu, sampai jumpa!’ sebelum melompat di kegelapan malam. Tak lama kemudian terlihat parasut kecilnya hanya melilit berkibar di udara.

Nathy, pria asal Huntingdon, Cambridgeshire, dinyatakan meninggal di tempat kejadian.

“Saya mendengar suara pohon dan saya pikir itu adalah cabang yang jatuh menghantam tanah. Seorang wanita berteriak jadi saya berjalan ke arah suara itu dan menyadari itu adalah seorang manusia. Dia sudah mati. Saya melihatnya melompat dari gedung,” kata petugas keamanan Kanet Chansong (33), seperti dikutip Mirror.

Baca Juga: Semifinal Indonesia Masters Sempat Ditunda Akibat Korsleting

Dalam video tersebut, Nathy bertanya kepada orang yang merekamnya dari sisi lain tembok keamanan, apakah kamera helmnya memiliki lampu merah berkedip untuk menunjukkan sedang merekam.

Ketika menyadari bahwa tidak sedang merekam, Nathy melepas helmnya dan menekan tombol sebelum memeriksa parasut.

Petugas keamanan mengatakan bahwa Nathy sudah melompat dari gedung tersebut beberapa kali sebelumnya, yang merupakan risiko bagi pejalan kaki di bawahnya.

“Mereka membuat konten video untuk media sosial. Mereka sudah melakukan ini sebelumnya dan mereka tahu itu tidak diperbolehkan,” kata petugas keamanan tersebut.

Polisi dan paramedis tiba di lokasi kejadian beberapa saat setelah pukul 19:30 waktu setempat. Namun, Nathy tidak bisa diselamatkan.

Wakil Inspektur Penyelidikan Distrik Bang Lamung, Letnan Polisi Kamolporn Nadee, mengatakan tidak ada tanda-tanda awal bahwa Nathy telah diserang.

“Parasut yang digunakan korban untuk melompat mengalami gangguan dan tidak terbuka seperti yang diharapkan. Dia dalam keadaan mengerikan ketika kami tiba,” katanya.

Teman Nathy yang merekam video saat dia melompat diinterogasi dan video tersebut diperiksa sebagai bukti.

Baca Juga: Kalah 3-5 dari Villarreal, Xavi Umumkan Segera Mundur dari Barca

“Petugas forensik sedang menyelidiki kasus ini lebih lanjut. Mereka sedang memeriksa parasutnya,” tambahnya.

Nathy telah melakukan terjun payung dan base jump di berbagai belahan dunia. Dia menjalankan perusahaan ‘fotografi langit’ dan membawa pelanggan untuk terjun payung pribadi.

Polisi telah memberitahu Kedutaan Besar Inggris di Bangkok, yang sedang menghubungi kerabat Nathy di Inggris Raya.

BASE jumping adalah aktivitas melompat dari satu obyek yang telah ditetapkan menggunakan parasut. BASE merupakan singkatan dari objek yang dapat dilompati, yakni building (bangunan), antenna (menara), spans (jembatan), dan earth (tebing). (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles