22.5 C
New York
Monday, May 20, 2024

3 Cabor Unik di Asian Games 2023

Hangzhou, MISTAR.ID

Terdapat 40 cabang olahraga (Cabor) yang diikutkan dalam kegiatan Asian Games 2023. Dari 40 cabor, terdapat 3 cabang olahraga unik yang diikutkan. Diantaranya:

Go

Go adalah permainan strategi yang mirip dengan catur asal China. Permainan ini diyakini telah ada selama 4.500 tahun. Asian Games 2010 menjadi momen pertama ketika Go dipertandingkan dalam kompetisi multi event tingkat Asia. Meskipun berasal dari China, Korea Selatan berhasil meraih tiga emas, sedangkan China hanya mendapatkan tiga perak tahun 2010.

Kembali sebagai tuan rumah, panitia Asian Games 2023 memasukkan Go ke dalam daftar cabang olahraga. Harapannya, Go dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk perolehan medali.

Baca juga: Asian Games 2023, Indonesia Sudah Meraih Enam Medali

Go menggunakan dua jenis bidak berwarna hitam dan putih yang berbentuk seperti kepingan batu. Dua pemain bersaing menggunakan bidak-bidak mereka pada papan berukuran 19×19.

Ada 77 atlet dari 10 negara yang berpartisipasi dalam cabang olahraga Go ini, meskipun Indonesia tidak ikut serta. Negara-negara Asia Tenggara yang ikut serta adalah Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Kurash

Kurash adalah seni bela diri yang berasal dari Asia Tengah dan populer di beberapa negara, seperti Kazakhstan, Kirgistan, Turkmenistan, Uzbekistan, serta menyebar hingga Azerbaijan dan Turki yang termasuk benua Eropa.

Cabang olahraga Kurash pertama kali dipertandingkan dalam Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Uzbekistan mendominasi cabang olahraga ini dengan meraih lima emas, dua perak, dan empat perunggu.

Related Articles

Latest Articles