-1.1 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

Drawing Piala Dunia U-20 Batal, Exco PSSI: Kita Melanggar Sendiri

Jakarta, MISTAR.ID

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan Indonesia telah melanggar kesepakatan dengan FIFA usai drawing Piala Dunia U-20 2023 resmi dibatalkan. Drawing Piala Dunia U-20 2023 semula dijadwalkan berlangsung di Bali pada 31 Maret.

Namun pada akhirnya dibatalkan oleh FIFA karena penolakan dari Gubernur Bali I Wayan Koster terkait partisipasi timnas Israel di pentas sepak bola paling elite kelompok umur tersebut.

“Kita yang mengajukan jadi tuan rumah dan sudah ada namanya kita akan melakukan penyelenggaraan dengan baik dan menjaga peserta dengan baik saat mengajukan,” ujar Arya dalam sesi jumpa pers di GBK Arena, Jakarta, Minggu (26/3/23).

Baca juga: Erick Thohir: Lapangan Stadion Piala Dunia U-20 Sesuai Standar FIFA

“Saat nggak bisa ini, kita melanggar sendiri apa yang sudah disepakati oleh FIFA. Jadi pada saat pengajuan, kita menyepakati semuanya,” ia melanjutkan.

Dalam sesi jumpa pers itu, Arya mengungkapkan pihaknya telah mendapat informasi dari FIFA soal pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali. Drawing Piala Dunia U-20 2023 tidak bisa dilakukan karena penolakan terhadap timnas Israel.

“Kemarin kami sudah mendapat informasi dari FIFA, dalam pemberitahuan memang menyebutkan bahwa drawing di Bali telah dibatalkan oleh FIFA. Jadi ini adalah informasi yang kami dapat dari FIFA. Memang kami belum mendapat surat resmi dari FIFA, tetapi pesannya jelas karena adanya penolakan dari Gubernur Bali yang menolak Tim Israel sehingga dengan sendirinya drawing tidak bisa dilaksanakan tanpa seluruh peserta,” katanya.

Baca juga: Israel Ikut Piala Dunia U-20, Indonesia Konsisten Dukung Palestina

Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster telah mengirim surat resmi pada Menteri Pemuda dan Olahraga. Surat tersebut berisi penolakan terhadap kehadiran timnas Israel di Bali. Alasannya karena untuk menghormati hubungan diplomatik antara pemerintah Indonesia dengan negara lain, khususnya yang berkaitan dengan Israel.

Pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA ini terjadi kurang dari dua bulan jelang penyelenggaraan. Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni mendatang. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles