18.8 C
New York
Friday, May 3, 2024

Wujudkan Pembangunan di Sumut, Gubsu Minta OPD Tingkatkan Sinergi Antar Perangkat Daerah

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut untuk meningkatkan sinergi agar target pembangunan di daerah cepat tercapai. Ia meminta pimpinan OPD agar senantiasa berkoordinasi terkait sinkronisasi program tersebut.

Hal itu disampaikan Gubsu saat memimpin rapat dengan para pimpinan OPD Pemprov Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jumat (19/2/21). Ia mencontohkan, program yang membutuhkan sinkronisasi antar OPD antara lain pertanian. Selain budidaya tanaman, pertanian juga membutuhkan dukungan infrastruktur seperti jalan dan sebagainya.

“Pastikan ini bisa. Saya minta tingkatkan sinergi antar perangkat daerah. Pembangunan ini tidak bisa dikerjakan sendiri, mari bersama-sama,” kata Edy.

Baca Juga:Gubsu Segera Bentuk Kampung Tangguh Mandiri

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina. Ia mengatakan, program pembangunan tidak bisa berdiri sendiri. Seperti pembangunan gedung sekolah yang membutuhkan akses jalan. Maka OPD terkait diharapkan dapat menyinkronkan programnya dengan pembangunan sekolah tersebut.

“Jika ada pembangunan sekolah, namun tidak ada akses jalan, jalannya kan tidak bisa diurus Dinas Pendidikan. Maka dinas terkait yang membangun jalan. Itulah sinkronisasi, supaya apa yang kita bangun tidak sia-sia,” kata Sabrina.

Menurutnya, ada beberapa fokus pembangunan tahun 2022. Antara lain, peningkatan kesempatan kerja dan usaha, peningkatan kualitas pendidikan, konektivitas antara pusat dan daerah, peningkatan nilai tambah sektor agraris dan peningkatan nilai tambah sektor pariwisata. Serta pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dan reformasi birokrasi, tata kelola pemerintahan dan layanan publik. (anita/ril/hm12)

Related Articles

Latest Articles