28.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Wilayah Sumut Alami Peralihan Musim dari Penghujan ke Musim Kemarau

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprakirakan untuk wilayah Sumatera Utara (Sumut) sedang terjadi peralihan dari penghujan ke musim kemarau.

Prakirawan BMKG wilayah I Medan Putri Diana Tarigan menerangkan, untuk saat ini wilayah Sumut sedang peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. Hanya saja, masih berlansung di sejumlah daerah terjadi hujan yang umumnya lokal.

“Wilayah sumut untuk saat ini umumnya berawan dan masih terdapat potensi hujan ringan, hingga sedang yang terjadi bersifat lokal dengan durasi singkat,” ucap Putri, Senin (20/2/23).

Baca juga:Waspada! Gelombang Tinggi Capai Empat Meter Mengancam Perairan Indonesia

Hal ini dikarenakan kata Putri masih terdapat belokan angin yang dapat menyebabkan pertumbuhan awan hujan yang cukup intens.

“Untuk wilayah Kota medan tiga hari kedepan umumya berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang pada sore hingga malam hari,” tambahnya.

Pada hari ini secara umum cuaca wilayah di Sumut pada pagi hingga sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat yakni Kepulauan Nias dan sekitarnya, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu Selatan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Tapanuli Utara dan sekitarnya.

Baca juga:BBMKG: Kota Medan Sudah Lewati Puncak Musim Hujan

Sedangkan pada malam hari yakni Tapanuli Selatan, Samosir, Langkat, Mandailing Natal, Asahan dan sekitarnya berpotensi hujan ringan. Sementara untuk wilayah Medan pagi hingga sore mengalami cuaca cerah, untuk malam hari berawan.

Untuk suhu udara rata-rata di wilayah Sumut 18-33 derajat celsius dengan kelembapan udara 65-98 persen. Untuk kecepatan angin 10-30 km/jam. (bany/hm06)

Related Articles

Latest Articles