20.5 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Waspadai Hujan Sedang Hingga Deras di Lereng Timur dan Pantai Timur Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan himbauan untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang terjadi pada sore hingga malam hari.

“Kondisi itu berpeluang terjadi di wilayah lereng timur dan Pantai Timur Sumatera Utara,” ujar Prakirawan BMKG wilayah I Medan, Budi Prasetyo, Selasa (13/6/23).

Budi mengatakan, pagi hari seluruh wilayah Sumut berawan. Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah seperti Asahan, Labuhanbatu Utara (Labura), Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel), Padang Lawas Utara (Paluta), Toba dan Tanjung Balai.

Baca juga: Hari Ini, Cuaca di Kota Besar Berpotensi Berawan

“Termasuk juga di Simalungun dan Tapanuli Utara (Taput),” ucap Budi.

Budi menyebutkan, malam hari kondisi yang sama juga diprediksi terjadi Labuhanbatu, Labura, Labusel, Asahan, Tanjung Balai, Medan, Langkat, Dairi, Batubara dan Samosir. “Dini hari seluruh wilayah di Sumut akan kembali berawan,” sebutnya.

Budi mengatakan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0-34.0 derajat celcius. Kelembaban udara 60-95 persen, sementara angin yang bertiup dari barat daya ke tenggara berkekuatan 10-30 km per jam.

Baca juga: 11 Titik Panas Terdeteksi di Sumut Hari Ini, BMKG Ingatkan Perubahan Cuaca Tiba-tiba

“Terdapat 3 titik panas (hotspot) hari ini, masing-masing 1 titik dik Paluta, Langkat dan Palas,” pungkasnya. (ial/hm16)

Related Articles

Latest Articles