14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Waspadai Hujan Berpotensi Longsor dan Banjir di Lereng Barat dan Pegunungan Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengimbau warga untuk mewaspadai hujat lebat di lereng barat dan pegunungan yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor atau banjir.

“Waspada banjir dan longsor di daerah pegunungan dan lereng barat Sumatera Utara (Sumut),” ujar Prakirawan BMKG wilayah I Medan Martha Manurung, Senin (20/3/23).

Martha mengatakan, pagi hari cuaca Sumatera Utara akan berawan. Siang dan sore hari berpeluang hujan sedang di Karo, Dairi, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Pakpak Bharat, Humbahas.

Baca juga: Wilayah Lereng Barat, Pantai Barat dan Pegunungan Berpotensi Hujan

“Malam hari hujan lebat diprediksi akan terjadi di Langkat, Karo, Dairi, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Pakpak Bharat, Humbahas dan Madina,” ucapnya.

Untuk dini hari nanti, sebut Martha, seluruh wilayah di Sumatera Utara akan kembali berawan. Adapun suhu udara Sumatera Utara hari ini berada pada kisaran 16.0 – 32.0⁰ C dengan kelembaban udara 60 – 98 %, sementara angin yang bertiup dari Timur Laut ke Tenggara berkekuatan 10 – 30 Km/Jam.

Martha menjelaskan, BMKG wilayah I Medan juga mendeteksi ada 19 titik panas (hotspot) di Sumut terpantau hari ini. Titik panas itu berada di Deli Serdang, Labuhanbatu, Nias, Tapsel dan Tapteng. “Termasuk beberapa titik di Palas dan Paluta,” pungkasnya. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles