13.1 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Waspada Hujan Disertai Guntur dan Angin Kencang di Wilayah Pegunungan Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi di beberapa wilayah di Sumatera Utara, Rabu (13/7/22).

“Hujan disertai guntur dan angin kencang diprediksi akan terjadi di wilayah pegunungan Sumatera Utara pada sore hingga malam hari,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Darmawan melalui prakirawannya Christin A Matondang.

Christin menjelaskan, siang ini wilayah Sumut cenderung berawan. Namun, peluang hujan ringan hingga lebat diprediksi akan terjadi di lereng barat, pantai barat, lereng timur dan wilayah pegunungan.

Baca Juga:Hujan dan Angin Kencang Terpa Kisaran, Atap Rumah Warga Terbang

“Hujan akan meluas pada malam hari nanti, hampir di seluruh wilayah di Sumatera Utara,” sebutnya.

Sementara, pada dini hari nanti hujan ringan juga masih berpotensi terjadi di Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara (Labura), Padang Lawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta) dan juga Mandailing Natal (Madina)

“Untuk suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 17.0-34.0⁰ C. Kelembaban udara 50-98 % dan angin yang bertiup dari barat ke barat laut berkekuatan 5 hingga 30 Km/jam.

Christin menjelaskan, berdasarkan pantauan sensor modis (Satelit, Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20), hari ini masih terdapat satu titik panas (hotspot) yang terdeteksi di Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). (ial/hm14)

Related Articles

Latest Articles