10.6 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Waspada Hujan Disertai Angin Kencang Bersifat Lokal di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengimbau kepada masyarakat di wilayah Sumatera Utara (Sumut) untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca signifikan. “Perubahan cuaca itu seperti hujan tiba-tiba disertai angin kencang yang bersifat lokal,” ujar Prakirawan BMKG wilayah I Medan Nora Sinaga, Senin (17/4/23).

Nora mengatakan, kondisi itu diperkirakan terjadi di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat, Pegunungan dan sebagian Lereng Timur Sumatera Utara dalam waktu yang singkat pada siang dan sore hari. “Kondisi ini diprediksi akan terjadi dalam beberapa hari ke depan,” ucapnya.

Baca Juga:Waspadai Hujan Lebat di Pegunungan

Nora menyebutkan, malam nanti hujan ringan berpeluang terjadi di sebagian wilayah di Sumut. Potensi hujan sedang terjadi di wilayah Madina, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu, Labusel dan Labura. “Dini hari nanti berawan, namun hujan ringan diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah,” sebutnya.

Nora mengatakan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0 – 35.0⁰C. Kelembaban udara 60 – 98%, sementara angin yang bertiup dari Barat Daya ke Barat Laut berkekuatan 10 – 30 km/jam. “Lima titik panas (hotspot) terdeteksi hari ini. Empat titik berada di Labuhanbatu, satu titik berada di Medan,” pungkasnya.(ial/hm15)

Related Articles

Latest Articles