20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Wartawan Dilarang Meliput Sertijab Kapolresta Deli Serdang

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kegiatan pisah sambut Kapolresta Deli Serdang yang digelar di aula terbuka Polresta Deli Serdang dilarang diliput wartawan, Kamis, (23/12/21). Serahterima jabatan dilakukan dari Kombes Pol Yemi Mandagi kepada penggantinya AKBP P Irsan Sinuhaji. Wartawan yang hendak masuk ke area Polresta bahkan sudah ada dicegat oleh petugas penjagaan di pos utama.

“Kenapa gak boleh masuk melihat acara pisah sambut ? Adanya masyarakat umum yang diundang tapi dibilang acara internal saja sama personil yang di pintu pos. Disuruh menghubungi Humas dulu kalau mau masuk,” bilang Hulman Situmorang, jurnalis yang tergabung dalam WUPDS G17.

Sekitar 8 wartawan lain sempat mendekati area aula terbuka Polresta. Namun, begitu melihat kehadiran wartawan salah seorang personil Propam Polres langsung bangkit dari tempat duduknya.

Baca juga:Terkait Pengrusakan Rumah di Sumbul, Wartawan Dilarang Meliput

Kasi Propam Polresta, Iptu Elkana kemudian mendekati wartawan sementara satu orang anggotanya menuju ke barisan Humas Polresta untuk melaporkan kehadiran wartawan.
Elkana saat itu sampai bermohon-mohon agar wartawan tidak mendekat.

” Aduh….gak boleh ke sini, minta tolong lah. Ini perintah pimpinan. Tolong lah bang, kami tugasnya,”bilang Elkana.

Saat ditanyai apa yang menjadi alasan, Elkana tidak bisa menjawab selain karena perintah pimpinan. Ia tidak bersedia menyebutkan siapa pimpinan yang menyuruh dan melarang wartawan masuk.

“Nanti sama Humas saja kalau berita-berita. Tolong kalilah bang, minta tolong kali lah ya,” kata Elkana lagi.

Mendapat kabar wartawan sudah datang dan mendekati lokasi acara, Humas Polresta Deli Serdang, Ipda Gabe J Napitupulu kemudian menemui awak media.

Saat itu momennya Kombes Pol Yemi Mandagi menyampaikan kata sambutan didampingi istrinya di depan tamu undangan termasuk para personil.

“Orang Kominfo pun nggak diperbolehkan foto-foto. Nanti berita dari kami saja. Gak usah berdebatlah kita bang kenapa gak boleh,” jelas Gabe.

Baca juga:Kunjungan Singkat Menko Maritim ke Objek Wisata Silahisabungan, Wartawan ‘Dilarang’ Wawancara

Hasil pantauan, ada lebih dari seratus orang hadir mengikuti pisah sambut Kapolresta di aula terbuka itu.

Selain tokoh agama dan tokoh masyarakat hadir juga Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar dan Ketua DPRD Deli Serdang, Zakky Shahri.

Tamu undangan duduk di depan sementara personil Polri duduk di bagian belakang. Sementara di gerbang utama Polresta Deli Serdang saat acara ditutup rapat. (sembiring/hm06)

Related Articles

Latest Articles