28.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Wakil Dubes AS Kunjungi Samosir, Tujuannya Kerja Sama Atasi Kendala Pembangunan

Samosir, MISTAR.ID

Kabupaten Samosir mendapat kehormatan dengan kunjungan Wakil Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Michael Kleine beserta rombongan dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID).

Kehadiran Kleine bersama rombongan disambut Wakil Bupati, Martua Sitanggang, Asisten II, Hotraja Sitanggang, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Immanuel Sitanggang, Kepala Dinas Kesehatan, Dina Hutapea dan Kepala Dinas Sosial PMD, Agus Karo Karo, pada Rabu (21/6/23) di lobi lantai II, kantor Bupati Samosir.

Kunjungan ini bertujuan menjalin kerja sama dalam mengatasi tantangan pembangunan yang dihadapi Kabupaten Samosir. Juga membahas program-program yang telah dilaksanakan di Kabupaten Samosir.

Baca juga: Rakor CSR, Pj Wali Kota Tebing Tinggi: 3 Pilar harus Bersinergi dalam Pembangunan

Diskusi itu juga turut dihadiri Direktur Misi USAID, Jeffery Cohen, Direktur Democratic Resilient Governance Office-USAID, Jeremy Meadows, serta beberapa spesialis proyek dan Koordinator Provinsi dari USAID.

Martua menyampaikan, beberapa program USAID yang telah berjalan di Kabupaten Samosir, termasuk penanganan stunting, pengentasan kemiskinan, program satu data dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Ia menyampaikan harapannya, terkait program pengolahan air baku (air bersih) yang dapat membantu masyarakat Samosir. Wabup juga meminta USAID melakukan aksi nyata langsung kepada masyarakat yang diakomodir oleh Pemkab Samosir.

Baca juga: Kapolres Samosir: Satkamling Upaya Polri Mempercepat Revitalisasi

“Kami membutuhkan bantuan berupa project pengentasan kemiskinan dan stunting, berupa hibah langsung ke masyarakat,” tandasnya.

Kleine mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan ke Kabupaten Samosir. “Saya senang bertemu dengan semua pihak di sini, terima kasih atas kesempatannya,” ujarnya.

Disampaikan, niat USAID untuk berdiskusi mengenai tata kelola pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Samosir, serta mempelajari lebih lanjut untuk mewujudkan prioritas pembangunan di wilayah itu.

Baca juga: 75 Guru di Samosir Ikuti Pelatihan Thematic Academy Aplikasi Perkantoran dan Data Science

“Dengan bekerja sama, akan dapat lebih memahami pembangunan. USAID dapat meningkatkan kinerja dan program untuk Kabupaten Samosir. Juga melanjutkan kolaborasi untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Kleine menyebutkan, USAID telah memberikan bantuan kepada Pemkab Samosir, serta berharap melalui kerja sama dengan USAID ERAT di tingkat provinsi dan pusat dapat tercapai hasil yang lebih baik lagi.

Terkait masalah air bersih, ia menyampaikan, komitmennya mencari solusi dan mengajak pihak lain yang dapat bekerja dalam mewujudkan itu untuk masyarakat Samosir. (josner/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles