14.4 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Wakil Bupati Samosir Launching Pelaksanaan Vaksinasi Booster

Samosir, MISTAR.ID

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang bersama Forkopimda Kabupaten Samosir launching pelaksanaan vaksinasi Booster, Kamis (20/1/22), di Aula Kantor Bupati Samosir.

Martua Sitanggang mengatakan, vaksinasi lanjutan atau Booster adalah vaksinasi Covid-19, setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan, serta memperpanjang masa perlindungan.

“Vaksinasi booster diselenggarakan pemerintah dengan sasaran masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas kelompok Lansia dan penderita imunokompromais,” katanya.

Ia menyampaikan, total keseluruhan vaksinasi dosis pertama telah mencapai 112.152 suntikan atau sekitar 109,6%, dan untuk dosis ke dua sudah mencapai 88. 985 suntikan atau sekitar 89,96%.

Baca Juga:Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Tapsel Capai 74,66%

Sedangkan, untuk dosis ke tiga sudah mencapai 843 suntikan atau 0,82% yang dilaksanakan kepada petugas kesehatan.

“Pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi bagi 102.328 sasaran vaksinasi penduduk Samosir. Saya ingin kolaborasi lintas sektor diperkuat agar cakupan vaksinasi covid-19 bisa merata di seluruh wilayah Kabupaten Samosir,” ucapnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Samosir Subarta Sagala menyampaikan, vaksinasi bertujuan untuk mengurangi angka kematian dan kesakitan, serta mencegah transmisi penularan Covid-19 dan membuat kekebalan tubuh ataupun herd imunity.

Ia mengharapkan kerja sama dari seluruh stakeholder dan masyarakat Samosir dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi. “Tanpa kerja sama dari semua pihak pekerjaan ini tidak akan terlaksana dengan baik,” katanya.

Baca Juga:Ratusan Guru di Siantar Disuntik Vaksin Booster Pfizer

“Dari juknis pelaksanaan sesuai dengan Surat Edaran Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, bahwa kabupaten dan kota yang melaksanakan vaksinasi booster untuk capaian vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen, dan capaian vaksinasi dosis pertama Lansia di atas 60 persen sudah dapat melaksanakan vaksin booster untuk Lansia dan nonlansia,” jelasnya lagi.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon mengapresiasi kinerja tim vaksinasi dari Pemerintah Kabupaten Samosir, Polres dan TNI yang tetap semangat dalam melakukan vaksinasi hingga ke desa-desa.

“Harapan kami dikemudian hari mari kita saling bahu membahu dalam menuntaskan pandemi covid-19 ini, sesuai dengan Visi-Misi Presiden RI dalam pelaksanaan vaksinasi secara cepat tuntas agar masyarakat sehat dan selamat dari penyebaran virus Covid-19, serta siap dalam mengantisipasi lonjakan kasus baru virus omicron,” ujarnya.(josner/hm10)

Related Articles

Latest Articles