6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Sejumlah Polres Jajaran di Sumut Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara

Medan, MISTAR.ID

Sejumlah polres jajaran di Sumatera Utara (Sumut) upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023, Selasa (19/12/23). Adapun tema yang diangkat pada peringatan tahun ini yakni ‘Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju’. Sejumlah polres yang menggelar upacara Hari Bela Negara yakni, Polres Tebing Tinggi, Polres Samosir dan Polres Batu Bara.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengatakan, hari Bela Negara merupakan momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan.

Dikatakan, tantangan ke depan semankin tidak terduga. Indonesia bukan hanya menghadapi ancaman fisik tetapi juga ancaman yang tak kasat mata, seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi hingga krisis iklim telah membawa dampak dan resiko ketahanan negara.

“Kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga : Sejumlah Kabupaten/Kota di Sumut Gelar Peringatan Hari Bela Negara

Presiden menambahkan bela negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Setiap tindakan kecil apapun yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRl wajah konkrit bela negara.

Presiden juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mengibarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. “Indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri, sejahtera. Selamat hari bela negara ke 75, kobarkan bela negara untuk Indonesia maju,” pungkasnya.

Di Polres Tebing Tinggi, upacara dipimpin Wakapolres Kompol Asrul Robert Sembiring. Di Polres Batu Bara dipimpin Wakapolres Kompol Imam Alryuddin. Sementara di Polres Samosir dipimpin oleh Kompol Tulus Panggabean. (nazli/pangihutan/ebson/hm24)

 

Related Articles

Latest Articles