10.2 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Wabup Sergai Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Musala Fathul Ilmi

Sergai, MISTAR.ID

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Musala Fathul Ilmi ke 9 dari Progam Gerakan Seratus Musala (Geser Muse) di SD Negeri No 105412 Desa Sei Bamban Estate Kecamatan Sei Bamban, Kamis (7/4/22).

Pembangunan musala tersebut berasal dari dana infak Jumat, dari seluruh siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang berada di Kabupaten Sergai.

Di kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan menyampaikan, Geser Muse merupakan suatu pergerakan yang sangat luar biasa dengan menargetkan 100 musala, tapi yang menjadi PR (Pekerjaan Rumah) adalah bagaimana mengisinya, bagaimana musala tersebut dapat benar-benar berguna bagi anak-anak khususnya.

Baca Juga:Pemkab Sergai Gelar Isra Mikraj di Serbajadi

“Progaram Geser Muse merupakan suatu pergerakan yang sangat luar biasa yang mempunyai target mencapai 100 musala, akan tetapi yang menjadi PR kita bersama ke depannya adalah bagaimana musala ini bisa menjadi sebuah tempat yang benar-benar berguna bagi anak-anak kita khususnya. Bagaimana musala ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh anak-anak murid kita. Cita-cita kita bersama bagaimana mewujudkan anak-anak didik kita menjadi anak-anak yang terpelajar, punya pemikiran maju, punya pemikiran modern tapi tetap memiliki pemahaman yang kuat tentang nilai keagamaan,” jelasnya.

“Sehingga, anak-anak kita yang pintar tapi juga memiliki pengetahuan agama yang cukup dan dapat menjadi anak-anak yang sholeh ke depannya. Itulah makna religius di visi misi Serdang Bedagai maju terus,” kata Wabup lagi.

H Adlin Umar Yusri Tambunan juga menambahkan, melihat di negara-negara lain, anak-anaknya pintar tapi tidak memiliki pemahaman agama yang kuat sehingga tidak memiliki moral, etika dan sapan satun. Ia pun berharap, agar anak-anak Serdang Bedagai memiliki kemampuan yang kuat, pintar tapi memiliki moral yang tinggi.

Baca Juga:Tingkatkan PAD, Pemkab Sergai Gelar Rakor dengan BI 

“Kita melihat di negara-negara lain misalnya, anak-anaknya pintar tapi tidak memiliki pemahaman agama yang kuat sehingga tidak memiliki moral, etika, tata krama dan sopan santun. Kita pun berharap agar anak-anak Serdang Bedagai memiliki kemampuan yang kuat, pintar tapi memiliki nilai-nilai moral yang tinggi dan memiliki nilai-nilai budaya yang kuat, di mana kebiasaan-kebiasaan adat istiadat di Kabupaten Serdang Bedagai ini. Saya meyakini di musala yang dibangun ini mempunyai dampak manfaat yang baik untuk anak-anak kita,” tutur Wabup.

Sebelumnya, Ketua Tim Geser Muse Muhammad Ramli saat menyampaikan laporan kegiatannya mengatakan, program Geser Muse tersebut bertujuan untuk menghadirkan musala di sekolah-sekolah dasar, di sekolah menengah pertama di Serdang Bedagai sebagai sebuah laboratorium bagi guru-guru agama untuk mengembangkan agama Islam.

“Program Geser Muse bertujuan untuk menghadirkan musala di sekolah-sekolah dasar dan di sekolah menengah pertama di Serdang Bedagai, sebagai sebuah laboratorium bagi guru-guru agama Islam untuk mengembangkan agama Islam. Apa lagi jam belajar agama Islam di sekolah negeri itu sangat minim sekali. Oleh karena itu, kita butuh pengembangan-pengembangan agar tercapainya visi misi Bupati Serdang Bedagai,” jelasnya.

Baca Juga:Pemkab Sergai Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

Pada sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai Suwanto Nasution mengatakan, Geser Muse ini diawali dengan gerakan semangat berinfak Jumat bagi seluruh siswa yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai, khususnya untuk SD dan SMP kemudian diikuti dengan PTK dan guru pendidik yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kami mulai di bulan Januari 2022, dan ini kita sudah yang ke musala yang ke 9. Berarti sudah ada peningkatan 8 musala yang ada di serdang Bedagai. Mungkin dalam beberapa minggu ke depan, kita akan melaksanakan peletakan batu pertama yang lainnya,” kata Suwanto. (boby/hm10)

Related Articles

Latest Articles