15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Viral! Mantan Wartawan Kompas “Teriaki” Oknum Penyidik Poldasu

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Sebuah video lagi viral di media sosial (Medsos). Lewat tayangan audio visual itu, seorang pensiunan wartawan Kompas menyampaikan curahan hatinya.

Mantan wartawan berusia 71 tahun itu bernama Maruli Lumbantobing yang sekarang berdomisili di Jakarta. Dalam video berdurasi 2 menit lebih itu dia menyampaikan kekesalan hatinya terkait laporan pengaduan atas dugaan pemalsuan sertifikat tanah yang berlokasi di Nagori Silau Bayu, Kecamatan Maligas Bayu, Kabupaten Simalungun.

Laporan pengaduan itu, kata Maruli sudah sudah disampaikan sejak tahun 2022 ke Polda Sumatera Utara (Poldasu), masalahnya tentang pemalsuan surat keterangan tanah.

Baca juga: Cabut Laporan Waka Polres Binjai, Joni Dilaporkan Warga Perbaungan ke Poldasu

Pengakuan Maruli Lumbantobing saat dikonfirmasi mistar.id, sertifikat hak milik (SHM) atas nama abangnya itu diduga telah dipalsukan. Sehingga di atas tanah yang sudah bersertifikat tersebut terbit lagi SHM atas nama orang lain.

Namun, menurut Maruli, proses penyelidikan yang dilakukan penyidik Poldasu sudah berlarut-larut, namun sampai sekarang tidak ada kejelasannya.

Karena kecewa, Maruli Lumbantobing membuat video pernyataannya dan kemudian viral di medsos. Dalam video tersebut, Maruli menyampaikan hal yang mengejutkan. Dia mengatakan, telah memberikan dana untuk proses penanganan perkara yang tidak sedikit melalui beberapa kali transfer bank. Dimana dana itu, kata Maruli, atas permintaan oknum penyidik di Poldasu.

Baca juga: Kasus Aisiah Ditarik Poldasu, Kasat Reskrim Polresta Deli Serdang Sulit Dihubungi

Selain itu, bukti-bukti kepemilikan dua persil tanah seluas lebih 1 hektar juga sudah diserahkan ke penyidik Poldasu.

Bahkan pihak Poldasu juga, kata dia, sudah gelar perkara dan sudah turun ke lokasi melakukan pemetaan tanah tersebut.

Namun, hingga sekarang, Maruli belum  juga mendapatkan kepastian hukum atas penanganan laporan pengaduan tersebut. Merasa kesal, masalah ini pun dilaporkan Maruli Lumbantobing ke Mabes Polri.

Sementara, Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Hadi Wahyudi menanggapi konfirmasi mistar.id terkait hal ini. Ia hanya memberi jawaban singkat.

Baca Juga: Poldasu Gelar Rekonstruksi Anak AKBP Achiruddin Hasibuan

“Kita cek,” demikian jawabannya via WhatsApp, Sabtu (3/6/2023). (Matius/Maris/hm20)

Related Articles

Latest Articles