12 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

UPDATE SUMUT: Kasus Covid-19 Kembali Meningkat Tajam, Sehari 26 Orang, Terbanyak dari Medan Disusul Siantar

Medan, MISTAR.ID

Bila sehari sebelumnya pertambahan kasus positif mulai melambat, hanya satu orang yang dinyatakan positif Covid-19 di Sumut, namun, update terbaru pada Rabu (3/6/20) kasus positif kembali meningkat tajam. Dalam sehari kenaikan pasien positif Covid-19 sebanyak 26 orang. Paling banyak pasien berasal dari Kota Medan.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Mayor Kes dr Whiko Irwan D SpB kepada wartawan di Medan, Rabu (3/6/20).

“Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumut bertambah 26 kasus sehingga totalnya kini menjadi 444 orang yang sehari sebelumnya hanya berjumlah 418 orang,” terang Whiko.

Dari jumlah tersebut, sambungnya, pasien asal Kota Medan yang tertinggi ada 17 orang, menyusul PematangSiantar 3 orang, Deli Serdang 2 orang dan sisanya dari 4 kabupaten lainnya.

Baca Juga:Ternyata 81% Warga Medan Tak Tahu Protokol Kesehatan Covid-19

“Sementara itu, sebanyak 9 orang dinyatakan sembuh dari positif Covid-19. Kini jumlah pasien yang sembuh di Sumut menjadi 159 orang. Sedangkan pasien positif yang meninggal dunia bertambah 2 orang menjadi 43 orang dari sebelumnya 41 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang awalnya 531 orang kini naik menjadi 534 orang. “Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 152 orang data ini naik dari data sebelumnya yang turun menjadi 144 orang.

“Sehari sebelumnya total PDP turun 6 orang, tapi hari ini (kemarin-red) naik 8 orang PDP. Untuk itu tetap kita imbau pada masyarakat untuk melakukan jaga jarak, gunakan masker setiap keluar rumah, rajin cuci tangan dan juga tidak usah keluar rumah bila tidak ada hal yang penting,” pungkasnya.

Baca Juga:Siantar Zona Merah, Belajar Mengajar Mandiri Diperpanjang Hingga 20 Juni

Berita sebelumnya, sejak beberapa hari belakangan kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Sumatera Utara (Sumut) terus mengalami penambahan yang tajam. Namun, tercatat update Selasa (2/6/20) trend kasus Covid-19 mulai terjadi pelambatan.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, hingga sore hari, meski penambahan masih tapi angkanya hanya sedikit.

“Untuk hari ini, penambahan pasien positif melalui metode pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) hanya terjadi peningkatan satu orang, yaitu dari 417 menjadi 418 pasien,” katanya.

Jumlah lebih banyak, jelas Aris, terjadi pada penambahan pasien yang sembuh yakni sebanyak dua orang, dari 148 pasien menjadi 150 orang. Malah untuk pasien yang meninggal, kata dia penambahannya nol kasus, yaitu tetap sebanyak 41 orang.

“Malah untuk PDP (Pasien Dalam Pengawasan) penurunan yang terjadi hingga sebanyak enam orang, dari 150 menjadi 144 orang pasien,” jelasnya. (anita/hm01)

Related Articles

Latest Articles