16.4 C
New York
Friday, May 10, 2024

Tipe Virus Corona Di Indonesia Belum Terindentifikasi

Medan, MISTAR.ID

Sampai saat ini Covid-19 yang menyebar di Indonesia belum teridentifikasi. Para peneliti terus bekerja untuk menemukan jenis dari virus corona yang menyebar di Indonesia.

“Tipe virus corona di Indonesia berbeda dengan hasil penelitian yang ada di dunia. Sebagian besar tipe virus corona yang menyebar di dunia terdapat tiga tipe yaitu S, G dan V. Sedangkan yang di Indonesia tidak termasuk ketiga tipe itu,” kata Jubir GTPP Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah di Media Center GTPP Covid-19 Sumut, kemarin.

Menurut Aris, hal ini sangat berkaitan dengan upaya menemukan vaksin yang tepat untuk tipe virus corona yang menyebar di Indonesia. Karenanya ia kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tinggal di rumah sembari menunggu para peneliti dan para ahli menemukan vaksinnya.

“Tidak bepergian adalah langkah yang tepat, jangan mudik, tetap tinggal di rumah yang harus kita lakukan. Karena kita harus melindungi siapapun terutama saudara-saudara kita yang sudah berusia lanjut, berpenyakit kronis karena ini menjadi ancaman untuk kita semua,” katanya.

Untuk memutuskan rantai penularan di bulan Ramadan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menganjurkan pelaksanaan tarawih dan tadarus sebaiknya dilakukan di rumah. “Mari kita laksanakan bersama. Mari kita perhatikan kembali dan kita laksanakan imbauan pemerintah bahwa Ramadan bersama keluarga di rumah, ini prinsip yang akan kita jalankan,” katanya. 

Dijelaskan Aris, beberapa pengamatan menyebutkan bahwa seseorang yang di dalam tubuhnya terdapat virus dan tidak menggunakan masker, maka orang di sekitarnya memiliki peluang tertular bisa sampai 75% karena percikan ludah. Bila menggunakan masker bisa ditekan sampai dengan 5%.

Penulis : Edrin
Editor : Jelita Damanik

Related Articles

Latest Articles