11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Terkena Gigitan Anjing Rabies, Bocah 6 Tahun Tewas di Deliserdang

Deliserdang, MISTAR.ID

Seorang anak perempuan berusia enam tahun di Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara, meninggal akibat gigitan anjing rabies.

GKP adalah korbannya, dan dia tinggal di Desa Penungkiren, Kecamatan STM Hilir.

Pada Rabu (13/7/23), kakek korban Pasengen Sembiring membenarkan kematian anak perempuan itu.

Menurutnya, pada akhir Mei 2023, cucunya digigit anjing gila di wilayah Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Baca juga : Bocah Korban Gigitan Anjing di Dairi Meninggal Dunia

Saat bermain, anjing gila menggigit korban. Dibawa ke Puskesmas di wilayah Kecamatan Pancur Batu untuk mendapatkan pertolongan pertama. Menurutnya, sampai di sana mereka hanya diberi obat, bukan suntikan anti rabies. Dokter yang menangani menyarankan agar mereka dibawa ke Puskesmas di tempat tinggal mereka untuk penanganannya.

Pasengen kemudian menyatakan bahwa korban dibawa ke Puskesmas Talun Kenas, Kecamatan STM Hilir.

Dia menambahkan, “Korban juga tidak disuntik anti rabies. Pihak Puskesmas Talun Kenas bilang obat tidak ada. Kami disuruh pulang dan menunggu sampai obat tersedia.”

Pasangan Puskesmas Talun Kenas menyatakan bahwa setelah sebulan menunggu, mereka belum menerima informasi tentang ketersediaan vaksin anti rabies.

Pada 2 Juli 2023, korban menderita demam tinggi. Keluarga dibawa kembali ke Puskesmas Talun Kenas karena panik dengan kondisi anak kita. Dia menyatakan bahwa dia tidak diberi vaksinasi rabies sampai di sana. Sebaliknya, dia dirujuk ke Rumah Sakit Sembiring, Kecamatan Delitua.

Menurut Pasangen, setelah tiba di Rumah Sakit Sembiring, cucunya dirawat dan kemudian dirujuk ke RSUD Amri Tambunan, Lubuk Pakam.

Keluarga menjadi lebih panik karena ada korban kejang-kejang dan muntah darah di RSUD Amri Tambunan. Kemudian diberikan vaksinasi rabies. Dengan wajah berkaca-kaca, Pasengen menyatakan, “Itu pun bayar, karena pasien tidak punya BPJS. Dia dirawat selama dua hari, tetapi nyawanya tidak dapat ditolong, dan meninggal dunia tanggal 4 Juli 2023.”

Hasil diagnosa yang dibuat oleh RSUD Amri Tambunan menunjukkan bahwa korban terkena rabies karena gigitan anjing.  (Antara/hm19)

Related Articles

Latest Articles