20.5 C
New York
Friday, September 6, 2024

Wamendag Terima Proposal Pasar Tarutung Pasca Kebakaran

Taput, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Utara (Taput), Dimposma Sihombing menerima kunjungan kerja (kunker) Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga dan anggota DPR RI, Lamhot Sinaga beserta rombongan di Kota Tarutung, bertempat di Sopo Rakyat rumah dinas Bupati, pada Kamis (5/9/24).

Dalam sambutannya, Dimposma menyampaikan, pertemuan ini dilatarbelakangi adanya peristiwa kebakaran besar di Pasar Tarutung pada 7 April 2024 lalu yang menghanguskan dan merusak hampir 70 persen fasilitas pasar berupa kios dan balairung.

“Kejadian ini sangat memukul perekonomian di Kabupaten Taput. Lokasi yang tepat berada di ibu kota kabupaten, sekaligus ibu kota kecamatan menjadikan Pasar Tarutung sebagai sarana perdagangan yang sangat vital di daerah ini,” paparnya.

Baca juga:Kebakaran Pasar Tarutung Turut Hanguskan Balairung, Undung-undung dan Ratusan Kios

Pihaknya pun semakin optimistis bahwa dengan hadirnya Wamendag dan anggota DPR dapat memahami kondisi dan keterbatasan kemampuan mereka, serta menyampaikan pada pemerintah Ppsat agar berkenan menampung seluruh anggaran yang dibutuhkan untuk membangun kembali Pasar Tarutung di APBN tahun anggaran berikutnya menjadi pasar yang lebih nyaman dan modern.

“Fokus kami adalah bagaimana pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) dapat memfasilitasi pembangunan kembali sarana dan prasarana perdagangan ini, agar aktivitas dagang di Pasar Tarutung secara optimal bisa menunjang perekonomian di Kabupaten Taput secara umum, dan tentunya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Pj Bupati mengakhiri.

Jerry Sambuaga menyampaikan, yang memprakarsai kunker ini adalah Lamhot Sinaga sebagai bentuk perhatian atas kejadian kebakaran Pasar Tarutung.

Baca juga:Menunggu Bantuan Pemkab, Pedagang Pasar Tarutung Siap Bangun Kembali Kios Secara Swadaya

“Kemendag itu akan memfollow up apa yang diminta oleh Pemkab Taput. Akan kami terima proposal Pasar Tarutung ini yang tentunya akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku,” paparnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian proposal Pasar Tarutung oleh Pj Bupati Taput kepada Wamendag. Begitu juga proposal revitalisasi pacuan kuda pada Lamhot. Ini sekaligus memberikan cinderamata berupa ulos.

Selanjutnya Wamendag dan rombongan bertolak ke Pasar Tarutung untuk melihat kondisinya. (fernando/hm16)

Related Articles

Latest Articles