13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Ketua PGRI Taput Minta SK yang Dikeluarkan Sautan Nasution Ditarik Lagi

Taput, MISTAR.ID

Ketua PGRI Tapanuli Utara (Taput) Alfa Simanjuntak meminta mantan pengurus Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) yang sudah dinonaktifkan sejak 2008, Sautan Nasution agar menarik SK yang dikeluarkannya untuk menunjuk Parinton Simanjuntak sebagai kepala sekolah di SMA Swasta PGRI 20 Siborong-borong.

Menurut Alfa surat tersebut tidak sah karena SK seharusnya dikeluarkan oleh Pengurus PGRI Pusat, bukan PGRI provinsi.

“SK atas nama Parinton Simanjuntak tidak sah karena bukan dari PGRI Pusat. Sehingga SK Parinton Simanjuntak dianggap sebagai SK bodong atau SK yang direkayasa oleh oknum oknum yang ingin merusak pendidikan di PGRI 20 Siborong-borong ini,” ujar Alfa kepada mistar.id, Minggu (31/3/24).

“Mereka yang bisa membuat SK PGRI adalah pengurus PGRI Pusat. Bukan seperti SK yang dikeluarkan Sautan Nasution. Untuk itu, kepada Sautan Nasution agar menarik SK yang dia keluarkan sebelum dilanjutkan ke proses hukum,” tambah Alfa.

Baca juga: Dualisme Kepemimpinan Kepala Sekolah SMA Swasta PGRI 20 Siborongborong

Seperti diberitakan sebelumnya, ada dua SK yang menunjuk kepala sekolah SMA Swasta PGRI 20 Siborong-borong Taput sehingga menimbulkan dualisme.

SK pertama bernomor 83/Kep/BPLP/PGRI/XXII/2020 yang dikeluarkan Pendidikan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ditujukan kepada Alfa Simanjuntak sebagai kepala sekolah untuk periode 2022 sampai 2024.

SK ini ditanda tangani oleh wakil Ketua PGRI pusat Muklis, Sekretaris Snyanta dan pengurus PGRI Provinsi Sumut, Abdul Rahman Siregar.

Sedangkan SK yang kedua dengan nomor surat 079/C.I/YPLP-PGRI/III/2024 diberikan kepada Parinton Simanjuntak sebagai Kepala Sekolah Swasta PGRI 20 Siborong-borong periode 2024 sampai 2028.

Surat ini dikeluarkan oleh Sautan Nasution, selaku mantan pengurus YPLP dan Sekretarisnya Penerangan Gultom.

Di kesempatan lain, Parinton Simanjuntak membenarkan SK tersebut ditandatangani oleh Sautan Nasution dan sekretarisnya.

Baca juga: Diguyur Hujan Deras, Pagar Kantor PGRI Disdik Deli Serdang Roboh

“Saya menjadi kepala sekolah di SMA PGRI 20 Siborong-borong atas SK Penerangan Sautan Nasution dan Sekretaris Penerangan Ginting,” kata Parinton.

Sementara itu, saat dimintai keterangan masalah ini kepada Sekretaris PGRI Sumut, Penerangan Ginting, dia meminta agar membuat konfirmasi langsung kepada Ketua PGRI Sumut, Satuan Nasution.

“Langsung konfirmasi ke Pak Satuan Nasution,” kata Penerangan singkat.

Hingga berita ini dinaikkan, Satuan Nasution saat dihubungi mistar.id melalui pesan singkat masih belum memberikan tanggapannya. (Ebson/hm20)

Related Articles

Latest Articles