17.8 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Pemkab Tapsel Dorong Perekonomian Warga Lewat Sektor Perikanan

Tapsel, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) terus menerapkan berbagai formula untuk meningkatkan perekonomian warga, demi terwujudnya Tapsel yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera. Salah satunya menggenjot sektor perikanan air tawar.

Bupati Tapasel Dolly Pasaribu, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Sofyan Adil melepas benih ikan nila bersama masyarakat Desa Muara Purba Nauli dan Desa Sori Manaon, Kecamatan Angkola Muara Tais, Jumat (22/3/24).

Pada pelepasan itu, Sekda mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provsu atas perhatian yang diberikan pada daerahnya. “Kepada kelompok pengawas masyarakat, agar serius menyambut bantuan ini. Termasuk pengamanan dan perawatan area sungai untuk keberlanjutan ketersediaan ikan nantinya,” harapnya.

Disebutkan, lewat bantuan yang dinilai dapat membantu ekonomi masyatakat setempat, ke depan dapat dijadikan sebagai swasembada ikan air tawar.

“Semoga nantinya dapat memberi peningkatan ekonomi sosial masyarakat, termasuk membantu anak yatim dan fakir miskin. Kita doakan bersama agar daerah ini menjadi swasembada ikan air tawar,” ungkapnya.

Baca Juga : Pemkab Tapsel Safari Ramadhan ke Angkola Sangkunur

Kadis Perikanan Tapsel, Saiful AP Nasution mengatakan, kegiatan pelepasan bibit ikan di perairan umum, atau disebut restocking merupakan tindak lanjut dari penyerahan bantuan oleh Pj Gubernur Sumut, di Mess Provsu Sipirok beberapa waktu lalu.

“Kita dapat bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provsu, berupa benih ikan jenis nila sebanyak 290.000 ekor, yang nantinya akan kita sebar di dua lokasi yakni, Desa Muara Purba Nauli, dan Desa Sori Manaon,” terangnya.

Restocking itu merupakan upaya penambahan stok ketersediaan ikan yang ditebar diperairan umum, sungai ataupun irigasi. “Kita berharap adanya penebaran bibit ikan di perairan umum ini, nantinya mampu menjaga kelestarian sumber daya hayati,” tukasnya.

Related Articles

Latest Articles