6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pelajar Rawan Sebar Hoax, Kejari Padangsidimpuan Datangi Sekolah

Padangsidimpuan, MISTAR.ID

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Padangsidimpuan, Dr Lambok MJ Sidabutar, melakukan kunjungan ke SMA Kesuma Indah untuk mensosialisasikan hukum. Kegiatan itu mengangkat tema “Kenali Hukum, Jauhi Hukuman”.

Pada kesempatan itu Lambon Sidabutar, mengatakan jaksa masuk sekolah merupakan upaya Kejari Padangsidimpuan dalam menjalankan tugas dan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan cara memberikan pengenalan hukum sejak dini kepada para pelajar agar tidak tersandung permasalahan hukum.

Adapun program Jaksa Masuk Sekolah tersebut dilaksanakan berdasarkan pasal 30 ayat (3) huruf a  Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia dan Peraturan Jaksa Agung RI Nomor 024/A/JA/08/2014 tentang Administrasi Intelijen Kejaksaan RI.

Baca juga: Kejari Padangsidimpuan Gelar Penyuluhan Hukum Door to Door

“Kita mengkhawatirkan terkait pelanggaran hukum yang rawan dilakukan para siswa seperti penyalahgunaan media sosial, pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi di kalangan anak SMA khususnya terkait pelanggaran Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) di sosial media seperti penyebaran berita hoax, penyebaran konten negatif seperti video asusila, jual beli barang-barang terlarang melalui sosial media, penyebaran ujaran kebencian yang mengandung Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) serta pencemaran nama baik,” ujar Kasi Intel Kejari Padangsidimpuan Yunis Zega.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran Undang-undang ITE seperti yang disebutkan sebelumnya, melalui Kajari Padangsidimpuan mengajak siswa-siswi dapat menerapkan self management, dapat mengelola pikiran sendiri dan mengontrol penggunaan handphone, selain itu Kajari Padangsidimpuan juga menyarankan agar menggunakan sosial media kepada hal-hal yang positif  dan agar konten-konten negatif dapat di skip.

” Kita berterima kasih kepada pelajar dalam kegiatan tersebut mendapatkan antusiasme yang tinggi dari siswa-siswi SMA Swasta Kesuma Indah Padangsidimpuan terbukti dengan banyaknya siswa dan siswi yang mengajukan pertanyaan seputar materi dan permasalahan yang dihadapi siswa dan siswi sehari-hari,” ungkapnya. (Asrul/hm17).

Related Articles

Latest Articles