17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Alma Beroperasi, Nelayan di Tanjungbalai Asahan Bisa Hemat BBM

Asahan, MISTAR.ID

Kapal nelayan yang sedang bongkar muat atau sandar di sekitar wilayah pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai dan Asahan kini bisa lebih hemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) diesel dengan fasilitas Alma atau Anjungan Listrik Mandiri.

Hal itu setelah diresmikannya pengoperasional 7 titik Alma oleh PT PLN bekerja sama dengan PT Pelindo. Fasilitasi listrik darat ini dapat dipergunakan kapal-kapal penangkap ikan, maupun kargo barang saat sandar di pelabuhan.

Baca juga: Polres Tanjung Balai Ajak Nelayan Jaga Kamtibmas di Laut

“Jadi saat ini PLN dan Pelindo melakukan kolaborasi menyediakan listrik darat untuk kapal yang sedang sandar di pelabuhan. Itu setelah kita fasilitasi penyediaan Alma di beberapa titik dan bisa dimanfaatkan oleh nelayan maupun kapal penumpang,” kata Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN Unit Distribusi Sumut, Donny Adriansyah di kawasan Pelabuhan Terminal Penumpang Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan, Senin (4/3/24).

Donny menjelaskan, jika selama ini aktivitas sandar kapal di dermaga baik bongkar muat tangkapan ikan maupun kargo barang atau penumpang menggunakan BBM sebagai sumber listrik selama bersandar, saat ini bisa menggunakan jaringan listrik yang disediakan oleh PLN melalui Alma.

“Jadi sistemnya token. Kapal-kapal yang bersandar ini bisa colok listrik di Alma yang sudah kita sediakan di sepanjang pelabuhan. Otomatis ini mengurangi biya produksi penggunaan bahan bakar mereka, lebih hemat dan murah,” kata dia.

Baca juga: Mobil Agya Ditabrak KA di Tebing Tinggi, Seorang Konten Kreator Tewas

Pemanfaatan listrik darat melalui Alma ini juga telah dimaksimalkan oleh kapal penumpang Indomal yang membuka rute jalur pelayaran internasional Indonesia – Malaysia. Saat mereka bersandar, seluruh aktifitas kelistrikan dipasok oleh PLN dari darat.

“Tentu program kolaborasi PLN dan Pelindo ini sudah mendapat sambutan positif dari nelayan maupun kapal komersial. Bahkan kapal SAR di Dermaga Panton Asahan juga pakai listrik dari PLN. Mudah-mudahan penyediaan Alma ini bisa kami tingkatkan agar lebih banyak yang merasakan manfaatnya,” ujarnya. (Perdana/hm22)

Related Articles

Latest Articles