18.5 C
New York
Friday, May 17, 2024

Sungai Dalu Dalu Batu Bara Meluap, BPBD Siaga

Batu Bara, MISTAR.ID

Tiga Desa di Kecamatan Air Putih dan satu Desa di Kecamatan Lima Puluh terancam tenggelam.

Pasalnya, air sungai Dalu-dalu yang melintasi Desa Simpang Gambus Kecamatan Lima Puluh, Desa Pematang Panjang, Desa Sukaraja dan Desa Aras Kecamatan Air Putih itu meluap hingga nyaris menyentuh lantai jembatan akibat intensitas hujan yang tinggi, luapan ini merupakan banjir kiriman dari hulu sungai di Simalungun, Selasa (15/11/22).

Sebelumnya menurut data BPBD Batu Bara, sebanyak  934 Kepala Keluarga dari 4 Kecamatan di Kabupaten Batu Bara terdampak banjir hingga mengungsi ke rumah keluarga maupun tenda pengungsian.

Baca juga:2 Sungai Meluap di Simalungun, 368 Rumah di 2 Kecamatan Dilanda Banjir

Menyikapi situasi banjir saat ini, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara Achmadan Choir saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya tetap siaga  dan melakukan pemantauan di titik-titik banjir. Pihaknya juga telah mendirikan tenda pengungsi, dan memberikan bantuan sembako serta melakukan evakuasi beberapa warga yang terjebak banjir.

Saat ini tim penanggulangan bencana BPBD melakukan penyisiran benteng sungai Dalu-dalu yang melintasi 3 Desa di Kecamatan Air Putih, dan 1 Desa di Kecamatan Lima Puluh, sekaligus melakukan pembentengan dengan karung yang diisi tanah pada titik-titik yang rawan abrasi,” tutup Achmadan Choir.(ebson/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles