18.4 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Status Covid-19 Dairi Level II Zona Kuning

Sidikalang, MISTAR.ID

Berkat kerjasama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah(Forkopimda) Dairi dan antusias juga konsisten masyarakat Dairi, status pandemi covid-19 turun menjadi level II dari level IV

Hal itu dikatakan Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu dalam sambutannya pada perayaan peringati hari jadi ke-74 Kabupaten Dairi di gedung balai budaya Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang(1/10/21)

Disebutkan Bupati Dairi” Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk perubahan perilaku dan keseharian warga masyarakat dalam menjalankan aktivitas sosial, ekonomi, budaya dan sektor lainnya, yang semakin terbatas. Tentu hal ini banyak banyak memberi dampak buruk pada perekonomian masyarakat” ujar Bupati

Baca juga:BPODT Gelar Vaksinasi Covid-19 Diwarnai Kuis Bagi Peserta di Dairi

Hal inilah tentu menjadi tantangan bagi pemerintah termasuk daerah dan semua pihak terkait, untuk bahu membahu guna memulihkan keadaan, di tengah situasi sulit yang timbul akibat Pandemi Covid-19.

Sebelumnya pada pertengahan bulan Agustus Tahun 2021 yang lalu, Kabupaten Dairi mengalami peningkatan yang signifikan pasien terkonfirmasi positif yaitu mencapai 382 orang. Bahkan, saat itu wilayah Dairi masuk dalam kategori zona merah atau beresiko tinggi dan PPKM Level 3 dan ada wilayah Desa Level 4

“Namun dengan kerja keras semua stakeholder, perlahan status kita turun menjadi zona orange atau berisiko sedang dan saat ini kita patut bersyukur bahwa Kabupaten Dairi sudah masuk dalam zona kuning atau berisiko rendah dan masuk dalam level 2 penerapan PPKM.” ungkap Eddy Berutu.

Menurutnya,capaian ini bukanlah hal yang mudah bagi sebuah daerah di tengah situasi sulit di masa Pandemi yang terjadi saat ini, namun ini adalah sebuah upaya kerja keras pemerintah dan berbagai pihak terkait khususnya peningkatan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama melawan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Dairi.

“Kita berharap Kabupaten Dairi dapat segera masuk dalam level 1 atau zona hijau.” sambung Bupati .

Upaya dilakukan pencapaian level 2 Pemerintah Kabupaten Dairi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terus dilakukan. Selain menegakkan penerapan protokol kesehatan di wilayah Kabupaten Dairi, program Vaksinasi juga terus dikebut agar tercipta kekebalan komunal di tengah warga masyarakat Dairi.

Baca juga: Ketua MUI Dairi Pastikan Vaksin Covid-19 Halal

“Program vaksinasi ini diharapkan dapat memutus rantai penyebaran COVID-19 di wilayah kita,” ujar Bupati

Ditambahkan Bupati , saat ini vaksinasi di Kabupaten Dairi dilaksanakan berbasis risiko yaitu memprioritaskan kelompok masyarakat rentan seperti lansia, memiliki komorbid, ibu hamil dan disabilitas, serta berbasis wilayah strategis yaitu Kecamatan Sidikalang, Sitinjo, Silahisabungan dan menyusul Kecamatan lainnya.

“Sehingga pada Bulan Desember 2021 target kita 75% masyarakat Kabupaten Dairi sudah tervaksinasi,” ujar Bupati Dairi. (manru/hm06)

Related Articles

Latest Articles