18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Soal UMK 2023, Bupati Deli Serdang: Kita akan Koordinasikan dengan Pemprovsu

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menerima 17 elemen pekerja/buruh di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati setempat di Lubuk Pakam, Senin (7/11/22).

Pada pertemuan tersebut,bupati menerima aspirasi para serikat pekerja/buruh terkait Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang tahun 2023. “Karena, sudah dua tahun tidak mengalami kenaikan dan itu sudah dipahami oleh semua orang. Sebab, kita sama-sama tahu kondisi negara tidak baik-baik saja. Mulai dari pandemi, kenaikan bahan-bahan pokok dan kenaikan BBM. Saat ini, negara kita digadang-gadang bakal inflasi,” kata Bupati Ashari Tambunan.

Ashari juga menegaskan bahwa Pemkab Deli Serdang tidak ingin jalan sendiri dengan mengabaikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyangkut UMK tersebut.

Baca Juga:Bupati Deli Serdang Lantik Timur Tumanggor Sebagai Sekda

Saya hanya berjanji akan melakukan semaksimal mungkin. Untuk itu, mari sama-sama kita diskusikan dan upayakan dengan sungguh-sungguh, agar mendapat diskresi atau izin kepada kita di kabupaten ini secara khusus menghitung kelayakan upah yang paling pas,” papar Ashari.

Sementara itu Muhammad Sahrum, salah seorang perwakilan elemen buruh, mengakui memang saat ini situasi yang terjadi terbilang sangat sulit. Banyak perusahaan yang runtuh (gulung tikar), kendati pun masih ada juga yang bertahan.

“Harga tukar Dollar sudah naik mencapai Rp15 ribu lebih. Bapak Bupati Deli Serdang orang yang kami anggap sebagai orangtua kami. Kenapa sudah dua tahun, upah kami tidak naik? Kami berharap upah minimum di tahun 2023 bisa dinaikkan. Kami mengapresiasi Bapak Bupati dalam upayanya untuk memajukan para buruh di Kabupaten Deli Serdang,” ujarnya.

Baca Juga:Bupati Deli Serdang Resmikan Jembatan Pantai Serambi Deli

Hadir pada pertemuan tersebut, Kadis Ketenagakerjaan Binsar TH Sitanggang, Kadis Perindag TM Zaki Aufa, Sekretaris Diskominfo Stan Syafii Sihombing, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Retno Pujiastuti serta 17 elemen serikat pekerja/buruh.(rinaldi/hm15)

Related Articles

Latest Articles