22.1 C
New York
Wednesday, August 21, 2024

Sholat Id Warga Muhammadiyah di Asahan, Jemaah Membludak

Asahan, MISTAR.ID

Puluhan ribu jemaah warga persyarikatan Muhammadiyah dan masyarakat di Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan sholat Idulfitri di kompleks perguruan Muhammadiyah Kisaran, Jumat (21/4/23).

Sholat Idul Fitri digelar di tanah lapang kompleks perguruan setempat. Panitia pelaksana tak memprediksi antusias jemaah yang begitu besar hingga mereka membuka mesjid yang berada di sisi selatan lapangan.

Bahkan, pengeras suara petugas penyelenggara juga memerintahkan panitia membuka beberapa ruang kelas untuk menampung jemaah yang terus berdatangan.

Baca Juga:Ribuan Jemaah Muhamadiyah Gelar Sholat Idul Fitri di Lapangan Astaka

Sholat Idulfitri digelar di komplek perguruan Muhammadiyah Kisaran ini tepat digelar pada pukul 07:30 WIB dalam kondisi cuaca cerah.

Bertindak sebagai Imam, Armawi, fadizh Al Qur’an dan juga merupakan alumni dari Madrasah Aliyah Swasta (MAS) 2 Kisaran dan bertindak khatib Ustad Muhammad Yusri, Ketua Majelis Tarjih Muhammadiyah Asahan.

Dalam khutbah sholat Idulfitrinya, khatib berpesan soal Ramadhan adalah bulan peningkatan dan mengingatkan jemaah untuk terus menjaga kualitas ibadah setelah bulan puasa.

“Bulan Ramadhan sebagai momentum pelatihan bagi orang beriman. Keberhasilan Ramadhan bagi orang beriman ditunjukkan untuk bulan-bulan sesudah Ramadhan. Jangan sampai kita lihat mesjid kosong, anak yatim ditelantarkan. Ikhlas, konsisten Istiqomah adalah barometer atau kunci meraih kemenangan di bulan Syawal,” pesan khatib dalam khutbahnya.

Sementara itu, Ketua Cabang Muhammadiyah Kisaran Timur, Mukhtasar mengatakan, antusias jemaah di luar perkiraan pihaknya sebagai panitia, dan memohon maaf atas segala persiapan yang kurang berkenan.

“Ini di luar dugaan kami sebagai panitia sholat sholat Id dan tidak diprediksi sebelumnya. Antusias jemaah dari warga persyarikatan dan masyarakat sangat luar biasa. Kami perkirakan hampir 15 ribu jemaah memadati lapangan kita, ” kata Mukhtasar.

Ia berpesan kepada warga persyarikatan Muhammadiyah dan jemaah agar menghormati umat Muslim lainnya yang hari ini masih berpuasa.

“Kami mengimbau kepada para jemaah untuk tidak melakukan open house karena masih banyak saudara-saudara kita yang hari ini sedang berpuasa dan itu harus kita hormati,” ujarnya. (perdana/hm12)

Related Articles

Latest Articles